Mata kering juga bisa membuat mata Anda rusak. Ini akibat peradangan maupun infeksi. (Foto: Unsplash)
Mata kering juga bisa membuat mata Anda rusak. Ini akibat peradangan maupun infeksi. (Foto: Unsplash)

Apa yang Dilakukan ketika Mata Kering karena AC

Rona kesehatan mata
Kumara Anggita • 13 September 2019 06:00
Jakarta: Mata kering terjadi karena berbagai faktor. Salah satunya ketika Anda berlama-lama di ruangan AC. Bila Anda ingin mengembalikan mata Anda menjadi normal, tapi tidak bisa keluar dari ruangan AC tersebut karena panas, maka ada tipsnya. Berikut penjelasannya oleh Dr. Nina Asrini Noor, Sp.M.
 
Spesialis mata, Dr. Nina Asrini Noor, Sp.M menjelaskan bahwa mata kering merupakan kondisi hilangnya keseimbangan komponen air mata. Ini ditandai dengan berbagai gejala, mulai dari air mata menjadi tidak stabil, peningkatan kekentalan air mata, hingga kerusakan atau peradangan pada permukaan mata.
 
Mata kering terjadi karena berbagai hal, mereka yang berada di ruangan AC cenderung mengalami mata kering. Dr. Nina menganjurkan agar orang-orang melakukan modifikasi gaya hidup. Seperti mengurangi paparan AC. Namun ini cukup sulit untuk diterapkan mengingat, suhu di Indonesia cukup panas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karena itu, dia memberikan tips menghindari mata kering dengan tetap berada dalam ruangan AC. Caranya adalah dengan menjauhkan diri dari embusan angin AC.
 
"Yang bikin mata kering adalah embusan AC dan kelembapan terlalu rendah. Kalau di AC bisa diatur fan speed jangan terlalu kencang. Hindari (angin) ke arah wajah," ujar Dr. Nina.
 
Dalam keadaan panas yang Anda butuhkan adalah, suhunya yang sesuai dengan yang Anda mau, bukan anginnya. Karena itu, nampaknya cara ini takkan menyulitkan Anda.
 
Sebuah data dari Universitas Alabama, menjelaskan bahwa pengelihatan yang tidak terkoneksi (salah satunya mata kering) dapat mengurangi produktivitas hingga 29 persen. Pada kondisi tertentu, permasalahan mata kering yang diabaikan dapat menurunkan kualitas pada hidup.
 
"Anda tidak bisa beraktivitas secara optimal karena lelah. Menjadi dependent terhadap obat-obatan," jelasnya.
 
Tak hanya itu, mata kering juga bisa membuat mata Anda rusak. Ini akibat peradangan maupun infeksi.
 
Mulailah jaga mata Anda dari sekarang. Walaupun terasa sepele, namun mata kering bisa memberikan kerugian yang tak Anda inginkan.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif