Ilustrasi-Medcom.id
Ilustrasi-Medcom.id

Tips Memilih Masker untuk Berolahraga

Rona masker tips berolahraga
Raka Lestari • 27 April 2020 13:22
Jakarta: Pandemi covid-19 ini memiliki dampak yang sangat besar dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk aktivitas berolahraga. Banyak orang yang harus melakukan olahraga di rumah untuk mencegah penyebaran covid-19.
 
Akan tetapi, menurut Center for Disease Prevention and Control (CDC), keluar rumah untuk berjalan kaki atau berolahraga masih diperbolehkan selama menjaga jarak sekitar 1 – 2 meter dengan orang lain.
 
Untuk mencegahnya, disarankan untuk memakai masker. Meskipun memang menggunakan masker ketika berolahraga tidak cukup nyaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

Kulit Anda mungkin mengalami iritasi

“Menggunakan masker ketika berada di luar ruangan dapat mencegah kulit Anda dari berbagai virus dan matahari dalam jumlah signifikan. Tetapi menggunakan masker juga bisa menyebabkan masalah kulit,” ujar okter kulit, Allison Arthur, MD.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Gesekan dari masker yang berulang-ulang menggosok pada area tertentu pada wajah dapat menyebabkan iritasi kulit atau bahkan luka terbuka," lanjutnya.

Pilih material masker yang mudah untuk bernapas

Meskipun bahan sintetis mungkin lebih efektif dalam menyaring udara, masker juga lebih keras pada kulit. Jika Anda sedang berada di luar rumah dan melakukan jaga jarak dari orang lain, masker berbahan dasar katun merupakan pilihan yang lebih baik untuk kulit.
 
"Sebab serat alami pada katun lebih lembut dan cenderung tidak membahayakan kulit,” jelas oshua Zeichner, MD, seorang dokter kulit di New York.

Persiapkan kulit Anda sebelum dan sesudah berolahraga

Cara lain untuk mencegah iritasi adalah dengan menggunakan pembersih yang lembut sebelum dan setelah berolahraga. Sebab pembersih yang lembut dapat membersihkan kulit tanpa harus merusak skin barrier Anda
 
"Gunakan petroleum jelly pada beberapa area dimana masker wajah digunakan untuk menjaga hidrasi kulit dan mengurangi gesekan,” ujar Dr Zeichner.

Gunakan masker sekali saja

Setelah menggunakan masker untuk berolahraga, sebaiknya masker langsung dicuci karena kemungkinan ada banyak kotoran dan keringat di dalamnya.
 
“JIka Anda menggunakan masker yang bisa digunakan kembali, penting untuk mencucinya agar masker Anda tidak menjadi tempat berkembang biaknya keringat, kotoran, dan minyak,” ujar Dr Arthur.
 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif