Sakit di lutut belum tentu asam urat. Cek informasinya di bawah ini. (Foto: Ilustrasi. Dok. Rawpixel/Unsplash.com)
Sakit di lutut belum tentu asam urat. Cek informasinya di bawah ini. (Foto: Ilustrasi. Dok. Rawpixel/Unsplash.com)

Sakit di Lutut Belum Tentu Asam Urat

Rona asam urat kesehatan tulang
Sunnaholomi Halakrispen • 22 Januari 2019 19:44
Jakarta: Sakit di lutut bisa saja Anda menyimpulkan bahwa sakit tersebut karena asam urat. Tapi, belum tentu. Dr. Phedy, Sp.OT-K menyatakan, pada kenyataannya hal tersebut belum tentu pertanda bahwa Anda mengalami asam urat.
 
"Ada sejumlah gejala asam urat yang harus Anda ketahui," katanya lagi.
 
"Asam urat itu biasanya akan ada bagian lutut yang merah, bengkak, dan disentuh sedikit saja sakit. Beda sama yang karena proses pengapuran itu sendinya kita lihat enggak merah tapi sakit di dalamnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beda banget sama asam urat yang merah, bengkak," ujar dr. Phedy dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
 

("Asam urat itu biasanya akan ada bagian lutut yang merah, bengkak, dan disentuh sedikit saja sakit," ujar dr. Phedy, Sp.OT-K dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Foto: Ilustrasi. Dok. Rawpixel/Unsplash.com)
 
(Baca juga: Makanan dan Minuman ini Mampu Meredakan Asam Urat)
 
Dokter spesialis ortopedi sub spesialis spine atau tulang belakang itu pun mengingatkan agar Anda tidak mudah percaya dengan hanya pernyataan apoteker dan pengetahuan Anda, tanpa anjuran dokter.
 
Perlu diingat, diagnosa dokter spesialis sangatlah diperlukan, karena dokter spesialis sangat memahami penyakit terkait.
 
"Karena gejala yang timbul seperti sakit di bawah lutut belum tentu asam urat. Periksa dahulu ke dokter, tujuannya itu sebenarnya untuk memastikan diagnosa dan cari tahu penyebab sakit itu," paparnya.
 
Ketika diagnosisnya tepat, maka penanganannya juga tepat. Sebaliknya, apabila diagnosa dokter tidak tepat maka penanganannya akan keliru.
 
Kasus yang seringkali terjadi, masyarakat yang tidak diperiksa oleh dokter spesialis akan mencari obat penahan rasa sakit yang sesungguhnya bukan keputusan tepat.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi