Berikut tips merawat dan membersihkan gigi si kecil. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Berikut tips merawat dan membersihkan gigi si kecil. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Tips Membersihkan Mulut Si Kecil

Rona kesehatan anak perkembangan anak
Yatin Suleha • 06 Januari 2020 05:00
Jakarta: Sama pentingnya dengan anggota tubuh lainnya, mulut si kecil juga perlu dibersihkan secara teratur agar tetap bersih dan sehat. Karena rongga mulut merupakan gerbang utama masuknya bakteri maupun virus ke dalam tubuh. 
 
Menurut sebuah penelitian kesehatan mulut akan memengaruhi kesehatan seluruh tubuh. Itulah alasan mengapa menjaga kebersihan mulut itu perlu. Berikut tips merawat dan membersihkan gigi si kecil dari drg. Ning Agustin, SpKGA. 

1. Perawatan gigi

Menurut drg. Ning, orang tua menjadi role model yang paling pertama di rumah. Membiasakan si kecil rutin menyikat gigi dua kali dalam sehari –pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.
 
Kuncinya adalah mulai dan biasakan sejak dini. Jika anak sudah terbiasa melihat bagaimana rajinnya orang tuanya menyikat gigi, maka si kecil akan meniru apa yang ia lihat sehari-hari. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tips Membersihkan Mulut Si Kecil
(Ajak si kecil untuk memeriksakan giginya walau sedang tidak sakit, misalnya sekedar memeriksakan kesehatan giginya atau perkembangan gigi si kecil. Ini bisa membuatnya mengenal dokter gigi anak serta mesin dalam ruangan praktik dokter gigi. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

2. Setop minum susu sambil tidur

Kebiasaan ini merusak gigi si kecil. Plak susu yang tertinggal dan dibiarkan mengendap pada permukaan gigi, dalam beberapa menit akan diubah menjadi asam oleh bakteri yang ada di dalam mulut.
 
Dan asam inilah yang akan melarutkan email gigi sehingga terbentuklah lubang pada gigi si kecil, yang ditandai dengan gejala awal berupa bercak berwarna kecoklatan pada permukaan gigi. Sebaiknya bersihkan segera gigi si kecil setelah minum susu atau makanan-makanan manis lainnya.

3. Gosoklah gigi dengan benar

Rutin menyikat dengan teknik menyikatnya yang tepat efektif dalam menjaga kesehatan mulut si kecil. Berikan pujian jika ia telah pandai menyikat giginya sendiri.

4. Periksakan gigi si kecil

Periksalah gigi si kecil setiap enam bulan sekali, meski tanpa keluhan. Ketika datang tanpa keluhan si kecil bisa diperkenalkan berbagai alat mesin atau bermain sikat-sikatan gigi bersama dokter gigi.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif