Pentingnya Meningkatkan Fungsi Kognitif Setiap Hari

Torie Natalova 14 Februari 2018 11:29 WIB
kesehatan
Pentingnya Meningkatkan Fungsi Kognitif Setiap Hari
Stres bisa sangat buruk bagi semua orang. Stres memiliki dampak yang besar terhadap masalah kognitif. Belajar untuk mengelola stres dengan mencari cara aman dan efektif untuk menyingkirkan stres. (Foto: Katy Belcher/Unsplash.com)
Jakarta: Perlu diketahui bahwa Anda menggunakan fungsi kognitif setiap hari. Jika Anda tidak berlatih dan menyempurnakan fungsi kognitif Anda, mungkin kognitif Anda akan mulai menurun di masa depan.

Fungsi kognitif Anda sangat penting untuk membuat keputusan yang paling tepat dalam hidup. Jadi, Anda harus selalu melakukan yang terbaik untuk melatih dan meningkatkan keterampilan kognitif Anda.

Pertama dan terutama, Anda harus membiasakan diri dengan fungsi kognitif dasar. Fungsi ini dianggap aktivitas selebral yang mengarah pada pengetahuan. Fungsi ini penting untuk memperoleh dan menyimpan informasi. Fungsi ini memainkan peran penting dalam memori, rentang perhatian, bahasa, dan penalaran.


Selain itu, ada empat cara untuk terus melatih fungsi kognitif Anda setiap hari seperti berikut.

1. Olahraga
Dengan olahraga yang sering, Anda akan bisa meningkatkan jumlah darah yang mengalir ke otak bagian hippocampus. Inilah bagian otak yang menyimpan memori. Orang yang berolahraga akan mengalami sedikit kehilangan kepadatan jaringan.


(Stres bisa sangat buruk bagi semua orang. Stres memiliki dampak yang besar terhadap masalah kognitif. Belajar untuk mengelola stres dengan mencari cara aman dan efektif untuk menyingkirkan stres. Foto: Dok. Juliana Yu)

(Baca juga: Cara Ini Melatih Otak Anda Jadi Lebih Cerdas)

2. Berlatih dengan teka teki
Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan kognitif alami adalah dengan memecahkan lebih banyak teka-teki. Bermain sudoku atau memecahkan teka-teki bergambar adalah cara baik untuk menjaga agar pikiran tetap aktif. Ini membantu merangsang aktivitas otak dan meningkatkan pembelajaran.

3. Hindari stres
Stres bisa sangat buruk bagi semua orang. Stres memiliki dampak yang besar terhadap masalah kognitif. Belajar untuk mengelola stres dengan mencari cara aman dan efektif untuk menyingkirkan stres, sehingga Anda dapat tidur nyenyak di malam hari dan menjaga keterampilan kognitif Anda.

4. Belajar memahami lebih banyak
Belajar lebih banyak lagi dapat memaksa otak menjadi terus bekerja. Hal ini dapat membantu melindungi kemampuan kognitif Anda dan menjaga otak tetap aktif. Tak harus kuliah untuk dapat belajar, mendatangi kursus singkat sudah cukup memaksa otak terus bekerja.











(TIN)