NEWSTICKER
Tanda dan gejala hepatitis A biasanya tidak muncul sampai beberapa minggu setelah terinfeksi virus Hepatitis A. (Foto: Pixabay)
Tanda dan gejala hepatitis A biasanya tidak muncul sampai beberapa minggu setelah terinfeksi virus Hepatitis A. (Foto: Pixabay)

Tanda-tanda Penyakit Hepatitis A

Rona hepatitis a
Raka Lestari • 08 Juli 2019 16:22
Hepatitis A merupakan infeksi hati yang sangat menular. Untuk itu perlu kewaspadaan terhadap diri Anda. Selain itu, untuk mengetahui apakah Anda terkena penyakit ini atau tidak, maka diperlukan mengenal tanda-tandanya. Seperti mual dan muntah secara tiba-tiba.
 
 
Jakarta: Hepatitis A adalah infeksi hati yang sangat menular, dan disebabkan oleh virus hepatitis A. Virus ini adalah salah satu dari beberapa jenis virus hepatitis yang menyebabkan peradangan dan memengaruhi kemampuan hati Anda untuk berfungsi dengan baik.
 
Hepatitis A juga disebabkan oleh virus yang menginfeksi sel-sel hati dan menyebabkan peradangan. Sementara peradangan dapat memengaruhi cara kerja hati Anda dan menyebabkan tanda serta gejala hepatitis A.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Virus paling umum menyebar ketika Anda makan atau minum sesuatu yang terkontaminasi dengan kotoran, bahkan dalam jumlah kecil. Hepatitis A tidak menyebar melalui bersin atau batuk.
 
Anda bisa terkena hepatitis A dari makanan atau air yang terkontaminasi, atau dari kontak dekat dengan seseorang. Bisa juga benda yang terinfeksi hepatitis A.
 
Kasus hepatitis A ringan tidak memerlukan pengobatan. Kebanyakan orang yang terinfeksi sembuh sepenuhnya tanpa menyebabkan kerusakan hati permanen.
 
Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah beberapa tanda atau gejala Hepatitis A:

Gejala

Tanda dan gejala hepatitis A biasanya tidak muncul sampai beberapa minggu setelah terinfeksi virus Hepatitis A. Namun, tidak semua orang yang terkena virus Hepatitis A mengalami gejala-gejala tersebut. Jika Anda mengalaminya, berikut ini adalah gejalanya:
 
1. Kelelahan
 
2. Mual dan muntah secara tiba-tiba
 
3. Ketidaknyamanan, terutama di sisi kanan atas di bawah tulang rusuk Anda
 
4. Kehilangan nafsu makan
 
5. Buang air besar berwarna kecoklatan seperti tanah liat
 
6. Demam ringan
 
7. Urin berwarna gelap
 
8. Nyeri sendi
 
9. Kulit dan bagian putih mata berwarna kekuningan (Jaundice)
 
10. Gatal-gatal yang hebat
 
Gejala-gejala ini mungkin relatif ringan dan hilang dalam beberapa minggu. Namun kadang-kadang, infeksi hepatitis A mengakibatkan penyakit parah yang berlangsung beberapa bulan. Untuk itu konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut.
 
Mendapatkan vaksin hepatitis A, atau suntikan imunoglobulin (antibodi) dalam waktu dua minggu setelah terpapar hepatitis A, dapat melindungi Anda dari infeksi.
 
Tanyakan kepada dokter Anda atau fasilitas kesehatan (faskes) setempat untuk mendapatkan vaksin Hepatitis A, jika Anda bepergian ke daerah-daerah yang memiliki jumlah penderita Hepatitis A cukup banyak. Begitu juga dengan tempat-tempat di mana sebelumnya pernah ada kasus Hepatitis A. Anda bisa saja melakukan kontak biasa atau kontak seksual dengan penderita Hepatitis A.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif