Berikut ini tanda-tanda komplikasi pada kehamilan yang perlu mendapatkan perhatian. (Foto: Dok. Anna Hecker/Unsplash.com)
Berikut ini tanda-tanda komplikasi pada kehamilan yang perlu mendapatkan perhatian. (Foto: Dok. Anna Hecker/Unsplash.com)

5 Tanda Awal Komplikasi pada Kehamilan yang Perlu Dihindari

Rona kesehatan kehamilan
Raka Lestari • 28 September 2020 17:25
Jakarta: Pada masa kehamilan, akan ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh. Dan pada umumnya, perubahan tersebut merupakan hal normal yang sebaiknya tidak perlu dikhawatirkan.
 
Meskipun demikian, Anda tetap haru mewaspadai akan adanya perubahan yang berujung menyebabkan komplikasi kehamilan.
 
Apa saja gejala-gejala tersebut? Berikut ini adalah daftar gejala awal komplikasi dalam kehamilan:

1. Perdarahan

Jika Anda mengalami perdarahan dalam kehamilan, sebaiknya segera memberitahukan dokter kandungan Anda. Menurut Dr Rodolfo Saenz, seorang dokter ahli kandungan bahwa hal ini bisa membahayakan plasenta, berpotensi persalinan prematur, yang keduanya merupakan masalah serius.

2. Nyeri dalam bentuk apapun

Bagi sebagian wanita, kehamilan mungkin bukan sesuatu yang membuat nyaman. Dan jika Anda merasakan nyeri, dalam bentuk apapun maka sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jika mengalami ini, kami selalu khawatir dengan adanya kehamilan di saluran tuba,” kata Dr Alison Zimon, dokter spesialis kandungan bersertifikat dan ahli endokrinologi reproduksi. 
 
“Ini disebut juga dengan kehamilan ektopik. Jadi, sangat penting bagi pasien untuk mengetahui bahwa jika mereka mengalami nyeri panggul, mereka harus memberi tahu dokter mereka.”
 
 
 

3. Perubahan pergerakan bayi

Tendangan yang dilakukan bayi dalam kandungan dapat mmebantu ibu untuk mengetahui bahwa semuanya berjalan dengan normal. Dan jika terjadi perubahan, segera beritahu dokter Anda. “Itu bisa menjadi tanda bayi tidak tumbuh dengan normal dan diperlukan evaluasi serta monitor awal,” ujar Zimon.

4. Penambahan berat badan yang tidak normal

Pada umumnya, wanita hamil memang akan mengalami kenaikan berat badan. Akan tetapi, menurut Zimon, kenaikan berat badan atau penurunan berat badan yang terjadi secara cepat dan tidak normal bisa menjadi tanda adanya sesuatu yang tidak beres. Hal itu bisa menjadi pertanda masalah tekanan darah, sehingga perlu segera melaporkannya pada dokter.

5. Pembengkakan pada tangan dan kaki

Menurut Zimon, sama seperti penurunan dan kenaikan berat badan yang tidak normal, kaki dan tangan yang membengkak juga bisa dikaitkan dengan preeklamsia. Jika Anda merasakan bahwa terjadi pembengkakan yang tidak normal pada kaki dan tangan, segera bicarakan dengan dokter Anda.
 
(TIN)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif