NEWSTICKER
Pneumonia memang dapat menular, tapi tidak akan parah seperti yang disebabkan oleh bakteri. (Foto: Cdnds)
Pneumonia memang dapat menular, tapi tidak akan parah seperti yang disebabkan oleh bakteri. (Foto: Cdnds)

Mengapa Pneumonia Lebih Sering Menyerang Lansia?

Rona kesehatan paru-paru
Torie Natalova • 23 Januari 2017 11:53
medcom.id, Jakarta: Penyakit radang paru kronis atau pneumonia memang paling sering menyerang orang tua atau lanjut usia. Salah satu alasannya adalah bahwa kekebalan tubuh seseorang akan menurun setelah usia 50 tahun.
 
Menurut dokter spesialis paru-paru Dr. Len Horovitz, pneumonia yang ditandai dengan radang paru-paru lebih sering terjadi pada musim dingin.
 
Penanganan penyakit pneumonia biasanya dilakukan rawat inap bagi mereka yang telah berusia lanjut dan terutama jika mereka memiliki masalah medis lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca juga: Periksa Gigi Rutin Kurangi Risiko Pneumonia)
 
Mengapa Pneumonia Lebih Sering Menyerang Lansia?
Masalah kesehatan lain dapat membuat batuk yang terjadi tidak efektif memberantas lendir atau cairan dari paru-paru, seperti yang dapat dilakukan mereka yang sehat.
 
Sementara itu, pengobatan yang tepat untuk pneumonia tergantung pada apakah penyakit yang diderita disebabkan oleh virus atau bakteri.
 
Pneumonia memang dapat menular, tapi tidak akan parah seperti yang disebabkan oleh bakteri. Pneumonia dapat menjadi serius jika seorang lanjut usia memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, sehingga dapat memicu komplikasi.
 
Vaksin pneumonia pada lansia dapat dilakukan, terutama bagi mereka yang sudah berusia 65 tahun ke atas. Ini untuk melindungi tubuh dari beberapa jenis bakteri pneumonia.
 

 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif