Mengonsumsi golden milk yaitu susu dengan kunyit jadi bagian dari Ayurveda. (Foto: Dok. Simplyrecipes)
Mengonsumsi golden milk yaitu susu dengan kunyit jadi bagian dari Ayurveda. (Foto: Dok. Simplyrecipes)

Tips Menghadapi Pandemi Covid-19 Menurut Ayurveda

Rona covid-19
Raka Lestari • 30 Juni 2020 17:11
Jakarta: Ayurveda adalah salah satu sistem pengobatan alternatif yang masih eksis dan terkenal dengan penggunaan sumber herbalnya sejak 3000 tahun yang lalu. 
 
“Di dalam ilmu Ayurveda, struktur tubuh manusia terbentuk dari lima elemen dasar yaitu Pancha Mahabhoota yang di antaranya adalah tanah, air, api, angin dan ruang. Selanjutnya elemen-elemen tersebut dikelompokkan ke dalam tiga kelompok fungsi yang dikenal dengan istilah Tri Dosha yaitu, Vata, Pitta dan Kapha,” ujar Dr. Komang Sudarmi, B.A.M.S., M.S. 
 
Menurut Dr. Komang, tri dosha inilah yang meregulasi seluruh fungsi pada sistem jaringan tubuh manusia serta komposisinya yang seimbang akan menjaga tubuh agar tetap dalam keadaan sehat. Begitu pula sebaliknya, tubuh akan menunjukkan gejala dari suatu penyakit ketika keseimbangan mereka terganggu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Korona adalah kondisi di mana Kapha dan VataDosha mengalami peningkatan sehingga mengganggu aktivitas dari beberapa sistem pada tubuh, di antaranya adalah PranavahaSrotas (sistem pernapasan), RasavahaSrotas (sistem sirkulasi darah) dan AnnavahaSrotas (sistem pencernaan). Gangguan pada sistem-sistem tersebut menimbulkan gejala seperti gangguan pernapasan, kenaikan suhu dan gangguan pencernaan,” ujar Dr. Komang. 
 
AYUSH minister of India (kementerian sistem pengobatan alternatif yang terdiri dari Ayurveda, Unani, Siddha dan Homeopathy di India) telah menetapkan beberapa pedoman kesehatan sederhana sebagai self-immuno-booster yang dapat kita terapkan sehari-hari di rumah, diantaranya adalah:

1. Terapi Nasya (tetes hidung)

Caranya adalah dengan menghangatkan minyak kelapa murni atau minyak wijen kemudian diteteskan cukup 2 tetes ke dalam kedua lubang hidung dua kali sehari, diikuti dengan pijatan lembut di sekitar hidung.

2. Terapi Gandhoosha (kumur-kumur)

Caranya adalah dengan berkumur dengan minyak kelapa murni atau wijen hangat selama 2-3 menit, lalu dibilas dengan air hangat.

3. Mengonsumsi rebusan herbal 

Rebusan herbal yang terdiri dari rempah seperti daun kemangi, kayu manis, lada hitam dan jahe, diminum dua kali dalam sehari dalam keadaan hangat.

4. Mengonsumsi golden milk (susu emas) 

Golden milk yang terdiri dari susu murni yang dicampur dengan setengah sendok teh bubuk kunyit, diminum selagi hangat pada malam hari. Tetap jaga kesehatan Anda dengan rutin berolahraga dan mengasup makanan sehat agar tubuh Anda sehat.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif