Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

Studi: Tidur Siang Lebih dari Satu Jam Berdampak Buruk bagi Jantung

Rona studi kesehatan penyakit jantung
Sunnaholomi Halakrispen • 16 September 2020 10:10
Jakarta: Jika Anda penggemar tidur siang yang lama, Anda mungkin harus memikirkan kembali kebiasaan Anda. Sebab, menurut meta-analisis penelitian yang dipresentasikan di pertemuan tahunan European Society of Cardiology, tidur siang lebih dari satu jam bisa berdampak buruk bagi kesehatan jantung.
 
Dikutip dari Insider, meskipun hanya abstrak penelitian yang tersedia saat ini, para penulis yang berasal dari Universitas Kedokteran Guangzhou di Tiongkok, berbagi temuan awal mereka. Hasilnya, tidur siang lebih dari satu jam dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan kematian dini seseorang.
 
Para peneliti mengamati 20 penelitian sebelumnya tentang tidur siang, penyakit jantung, dan risiko kematian. Termasuk data pada 313.651 orang, di antaranya sepertiga (39 persen) melaporkan tidur siang secara teratur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka menyimpulkan bahwa tidur siang dalam durasi berapa pun meningkatkan risiko kematian seseorang sebesar 19 persen. Hal itu bisa jadi karena peserta menggunakan tidur siang sebagai pengganti tidur malam penuh, yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.
 
Tetapi orang yang tidur siang lama, 60 menit atau lebih, memiliki risiko tertinggi. Menurut penelitian, orang-orang itu 30 persen lebih mungkin menderita kematian dini, dan 34 persen lebih mungkin mengembangkan penyakit jantung, daripada orang yang tidak tidur siang sama sekali.
 
"Temuan penelitian ini didasarkan pada penelitian yang ada yang menunjukkan bahwa tidur siang yang lama dapat menyebabkan peradangan, tekanan darah tinggi, dan diabetes," menurut penulis utama studi Dr. Zhe Pan.
 
Pada saat yang sama, hasil tersebut bertentangan dengan penelitian yang menemukan bahwa tidur siang dapat meningkatkan fungsi otak dan menurunkan tekanan darah.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif