Ilustrasi-Freepik
Ilustrasi-Freepik

5 Pilihan Minyak Esensial untuk Mengurangi Stres

Rona tips kesehatan stres
Sunnaholomi Halakrispen • 26 Agustus 2020 09:11
Jakarta: Apakah Anda mengalami stres akhir-akhir ini tapi enggak tahu bagaimana cara mengatasinya? Mungkin, kali ini Anda perlu mencoba menggunakan minyak esensial yang aman dan nyaman untuk meredam stres.
 
Bila Anda masih bingung mau pakai minyak esensial yang mana, Anda bisa mulai mempertimbangkan minyak mana yang cocok dengan kebutuhan Anda. Medcom.id berupaya untuk membantu Anda, berikut daftar minyak esensial yang bisa mengurangi stres:

1. Valerian

Valerian adalah herbal yang telah digunakan sejak zaman dulu. Dalam minyak tersebut, mengandung senyawa yang membantu tidur dan menenangkan saraf. Ini dapat memiliki efek sedatif ringan pada tubuh.
 
Cara menggunakan: Tambahkan beberapa tetes minyak valerian ke diffuser aromaterapi dan hirup dengan santai. Valerian mungkin membuat Anda mengantuk atau rileks.

2. Jatsamani

Jatamansi berada di keluarga tumbuhan yang sama dengan valerian. Jatsamani digunakan dalam pengobatan ayurveda untuk menenangkan pikiran dan mendorong tidur. Menurut penelitian pada 2008 dilakukan terhadap tikus, jatamansi dapat meredakan depresi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cara menggunakan: Pijatkan minyak jatamansi yang telah diencerkan ke pelipis atau dahi Anda.
 
 

3. Lavender

Lavender adalah salah satu minyak aromaterapi paling populer. Menurut penelitian pada 2012, aromaterapi lavender dianggap meredakan kecemasan dengan memengaruhi sistem limbik, yang merupakan bagian otak yang mengontrol emosi.
 
Cara menggunakan: Nikmati mandi lavender yang menyegarkan. Campurkan beberapa tetes minyak lavender dengan satu sendok teh minyak atau gel mandi tanpa pewangi. Aduk campuran tersebut ke dalam air mandi hangat sebelum Anda gunakan.

4. Melati

Minyak melati memiliki aroma bunga yang menyegarkan. Menurut sebuah penelitian yang terjadi pada 2013, menghirup minyak melati dapat meningkatkan perasaan sejahtera dan perasaan romantis. Tidak seperti beberapa minyak esensial lain yang digunakan untuk kecemasan, minyak melati dianggap menenangkan sistem saraf tanpa menyebabkan kantuk.
 
Cara menggunakan: Hirup minyak melati langsung dari botol atau biarkan aromanya memenuhi ruangan melalui diffuser.

5. Mawar

Minyak esensial mawar diekstrak dari kelopak mawar. Mawar memiliki aroma bunga yang memesona, yang dikenal dapat menenangkan indera. Menurut studi pada 2014, penggunaan aromaterapi footbath dapat mengurangi kecemasan pada ibu hamil selama persalinan.
 
Cara menggunakan: Rendam kaki Anda di dalam baskom berisi air hangat dengan minyak esensial mawar yang telah diencerkan. Anda juga dapat menambahkan minyak mawar ke pelembap non-pewangi favorit Anda atau shea butter dan pijat ke kulit.
 
(FIR)
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif