Ilustrasi---(Foto: Pexels.com)
Ilustrasi---(Foto: Pexels.com)

Cara Mengatasi Konstipasi di Rumah

Rona konstipasi
Raka Lestari • 12 Oktober 2019 12:02
Jakarta: Konstipasi merupakan salah satu gangguan pencernaaan yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Salah satu penyebab terjadinya konstipasi adalah pola makan yang kurang dari buah-buahan dan sayuran.
 
Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi obat pencahar yang banyak dijual di pasaran. Namun bagi Anda yang lebih suka untuk mengatasinya dengan cara yang alami, bisa menggunakan bahan-bahan yang dengan mudah ditemukan di rumah Anda.
 
Berikut ini adalah beberapa bahan alam untuk mengatasi konstipasi yang Anda alami, seperti dikutip thehealthy:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Biji wijen 
 
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal for Research in Applied Science and Engineering Technology, biji wijen merupakan solusi alami yang baik untuk mengatasi konstipasi. Kandungan minyak dalam biji wijen berfungsi untuk melembapkan usus yang dapat membantu konstipasi dan mengatasi konstipasi.
 
Serat 
 
Serat berfungsi sebagai pembersih saluran pencernaan anda. The Mayo Clinin menyarankan untuk mengonsumsi serat 20-35 gram secara rutin setiap hari. Makanan yang mengandung serat diantaranya sereal, kacang lentil, oatmeal, almond, barley, berbagai jenis sayuran, dan buah-buahan segar maupun kering. Jika Anda sembelit dan mengonsumsi serat tambahan, pastikan untuk minum lebih banyak air daripada biasanya agar feses Anda lembut dan lancar.
 
Teh mint atau jahe
 
Mint dan jahe keduanya terbukti dapat membantu meringankan masalah pencernaan. Peppermint mengandung mentol, yang memiliki efek antispasmodik yang melemaskan otot-otot saluran pencernaan. Jahe adalah ramuan “penghangat” yang menyebabkan bagian dalam tubuh menghasilkan lebih banyak panas. Stephen Sinatra, MD, dari HeartMD Institute merekomendasikan jahe dalam bentuk kapsul atau teh. Dalam teh, air panas juga akan merangsang pencernaan dan memberikan bantuan sembelit.
 
Lemak sehat
 
Minyak zaitun, kacang-kacangan, dan alpukat semuanya mengandung lemak sehat, yang dapat membantu melumasi usus Anda dan meringankan sembelit, hal itu berdasarkan pernyataan para ahli di Harvard Medical School. Lemak sehat juga diperlukan untuk fungsi dasar tubuh karena dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama meskipun makan dalam jumlah sedikit.
 
Air lemon
 
Asam sitrat dalam air lemon berfungsi sebagai stimulan untuk sistem pencernaan Anda dan dapat membantu membersihkan racun dari tubuh Anda yang berguna untuk mengatasi kosntipasi. Tambahkan air lemon segar ke dalam satu gelas air setiap pagi atau dengan menambahkan lemon ke dalam teh Anda sebagai obat alami untuk konstipasi Anda.
 


 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif