Berikut ini adalah beberapa penyebab Anda mengalami menstruasi yang lebih berat dari biasanya. (Foto: Pexels.com)
Berikut ini adalah beberapa penyebab Anda mengalami menstruasi yang lebih berat dari biasanya. (Foto: Pexels.com)

Menstruasi Anda Menjadi Lebih Berat karena Hal Ini

Rona Sindrom Pramenstruasi (PMS)
Raka Lestari • 16 April 2019 15:35
Saat menstruasi Anda bisa megalami bad mood yang tidak bisa dijelaskan. PMS misalnya. Tapi beberapa masalah bisa memperberat periode menstruasi Anda. Misalnya ketika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup selama menstruasi, maka Anda akan lebih mudah marah dan merasa pening.
 
Jakarta:
Menstruasi adalah sesuatu hal yang sulit diprediksikan. Anda mungkin mengalami siklus menstruasi yang mudah, namun di waktu lainnya merasakan siklus menstruasi yang lebih berat dibandingkan dengan biasanya.
 
Dan sebenarnya, ada alasan mengapa Anda mengalami masa-masa menstruasi yang lebih berat dibandingkan bulan-bulan lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyebab hal tersebut banyak yang berkaitan dengan gaya hidup Anda dan semua hal tersebut berkaitan dengan bagaimana cara hormon Anda merespons hal tersebut.
 
Dikutip dari Elite Daily, berikut ini adalah beberapa penyebab Anda mengalami menstruasi yang lebih berat dari biasanya:
 
(Baca juga: Dampak pada Sistem Pencernaan Saat Anda Menstruasi)
 
Menstruasi Anda Menjadi Lebih Berat karena Hal Ini
(Sebelum memasuki masa-masa menstruasi, usahakan untuk melakukan hal-hal apapun yang dapat membuat Anda merasa tenang. Foto: Pexels.com)

1. Tidur yang kurang

Tidur memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh Anda. Tidak mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas dapat memiliki peran yang cukup besar saat Anda mengalami PMS.
 
Menurut Dr Jessica Shepherd, pakar kesehatan wanita dan obgyn, ketika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup selama menstruasi, maka Anda akan lebih mudah marah dan merasa pening. Kurang tidur juga dapat menyebabkan perubahan hormon, membuat menstruasi Anda tidak teratur.

2. Terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan

Sebelum atau selama menstruasi, tubuh Anda sangat mungkin menginginkan banyak makanan dan terkadang pilihannya jatuh pada makanan-makanan olahan atau instan.
 
Shepherd mengingatkan bahwa makanan olahan yang mengandung banyak kandungan gula dan tepung dapat menyebabkan peradangan di dalam tubuh.
 
"Makan lebih banyak biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran (selama periode Anda)," saran Shepherd. Ia juga menyarankan untuk menambahkan makanan yang mengandung probiotik untuk mengurangi peradangan dan menormalkan pH tubuh Anda.

3. Tingkat stres

Sebelum memasuki masa-masa menstruasi, usahakan untuk melakukan hal-hal apapun yang dapat membuat Anda merasa tenang.
 
Menurut Dr Heather Bartos, MD, seorang obgyn bersertifikat, "Stres dapat membuat menstruasi Anda menjadi lebih buruk. Sehingga, menjaga tingkat stres Anda pada saat-saat terendah Anda merupakan hal yang sangat penting."
 
Shepherd menyarankan Anda untuk melakukan yoga atau gym untuk mengatasi kecemasan dan stres yang Anda rasakan sebelum menstruasi. "Berolahraga dapat memicu pelepasan endorfin yang dapat membantu mengatasi stres."
 
Konsultasikan jika menstruasi Anda bermasalah di beberapa rumah sakit dengan dokter spesialis kandungan atau Obgyn, seperti di Rumah Sakit Royal Taruma, RSCM - Kencana, atau Rumah Sakit Cendana.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif