Tiga hal paling umum yang terjadi saat seorang wanita sedang menstruasi adalah pendarahan, rasa sakit, dan perubahan emosi. (Foto: Pexels.com)
Tiga hal paling umum yang terjadi saat seorang wanita sedang menstruasi adalah pendarahan, rasa sakit, dan perubahan emosi. (Foto: Pexels.com)

Dampak pada Sistem Pencernaan Saat Anda Menstruasi

Rona kesehatan pencernaan Sindrom Pramenstruasi (PMS)
Raka Lestari • 15 April 2019 11:05
Tiga hal paling umum yang terjadi saat seorang wanita sedang menstruasi adalah pendarahan, rasa sakit, dan perubahan emosi. Namun terdapat beberapa wanita yang mengalami perubahan drastis ketika masa menstruasi. Perubahan hormonal lainnya saat menstruasi juga dapat menyebabkan perut kembung, retensi urine, pembengkakan payudara dan juga keinginan makan yang besar.
 

 
Jakarta:
Menstruasi ternyata bisa berdampak pada sistem pencernaan Anda. Meskipun memang tidak semua orang merasakannya, namun mengalami masalah pencernaan selama menstruasi adalah suatu hal yang sangat umum.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa masalah pencernaan yang sering dikeluhkan saat menstruasi di antaranya adalah sembelit, kembung, ataupun diare. Dan ternyata itu semua terjadi karena adanya perubahan hormon pada tubuh Anda.
 
"Ketika hormon estrogen dan progesteron berfluktuasi beberapa hari sebelum Anda memulai menstruasi, ada peningkatan prostaglandin, yang merupakan bahan kimia yang dilepaskan selama siklus menstruasi untuk memberikan uterus dan usus Anda peluang untuk berkontraksi," ujar Dr Jessica Shepherd, MD, MBA, seorang ginekolog.
 
"Prostaglandin yang dilepaskan selama siklus menstruasi juga terbukti meningkatkan sensasi saraf, yang berpotensi meningkatkan sensitivitas terhadap rasa sakit dan ketidaknyamanan," tambah Dr Shepperd.
 
"Prostaglandin juga berkontribusi pada kram Anda dan semua sensasi sakit lainnya yang terjadi selama periode Anda."
 
Namun menurut Dr Shepherd, gejalanya akan berbeda-beda pada setiap wanita. "Beberapa wanita mungkin akan lebih sering buang air besar saat menstruasi, sedangkan yang lainnya mungkin mengalami konstipasi selama menstruasi."
 
Dampak pada Sistem Pencernaan Saat Anda Menstruasi
(Beberapa masalah pencernaan yang sering dikeluhkan saat menstruasi di antaranya adalah sembelit, kembung, ataupun diare. Dan ternyata itu semua terjadi karena adanya perubahan hormon pada tubuh Anda. Foto: Pexels.com)
 
(Baca juga: Sesuaikan Kegiatan dengan Siklus Menstruasi Anda)
 
Perubahan masalah pencernaan ini mungkin terjadi pada beberapa hari awal sebelum menstruasi dan akan berlangsung sampai beberapa hari selama menstruasi.
 
"Selama minggu kedua dari siklus bulanan Anda, progesteron akan tinggi dan frekuensi pergerakan usus akan berkurang," ujar Dr Amy Beckley, founder dari Proov. Inilah yang menjadi jawaban mengapa intensitas buang air besar Anda lebih sedikit dari biasanya.
 
"Ketika waktu menstruasi sudah semakin dekat, progesteron akan menurun dan pergerakan usus akan lebih cepat, yang menyebabkan wanita mengalami ketidaknyamanan pada perut," tambah Dr Beckley.
 
Awal siklus menstruasi memang tidak selalu menyenangkan namun Anda bisa mengatasinya. "Berolahraga dan diet dapat membantu dalam mengatasi perubahan sistem pencernaan," ujar Dr Shepherd.
 
Anda perlu usaha lebih keras untuk mendapatkan makanan yang lebih sehat dari biasanya pada saat ini, selain itu melakukan olahraga seperti berlari ataupun yoga pun sangat disarankan saat menstruasi. Dan yang tidak boleh terlupa adalah minum air putih sebanyak mungkin.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif