Ada beberapa bau busuk di badan yang perlu Anda ketahui penyebabnya. (Foto: Pexels.com)
Ada beberapa bau busuk di badan yang perlu Anda ketahui penyebabnya. (Foto: Pexels.com)

8 Bau Badan yang Tidak Boleh Diabaikan

Rona kesehatan gaya
Anda Nurlaila • 17 Oktober 2019 14:13
Jakarta: Semua orang mungkin pernah mengalami bau tidak sedap yang berasal dari ujung rambut hingga ujung kaki. Bau busuk dari berbagai anggota tubuh dapat menjadi pertanda adanya masalah kesehatan bahkan kanker.
 
Mengutip Readers Digest, ada beberapa bau busuk di badan yang perlu Anda ketahui penyebabnya.

1. Bau badan

Jika mandi tidak dapat menghilangkan bau tubuh, itu dapat menjadi tanda kekurangan magnesium. "Mineral magnesium membantu 'menghilangkan bau' organ internal dan juga membantu mengurangi bau tubuh," kata ahli jantung Robert Segal, salah satu pendiri LabFinder.
 
Konsumsi terlalu banyak kafein, gula dan makanan olahan dapat mengurangi kadar magnesium tubuh. Jika aroma tubuh berbau tidak enak dan disertai gejala lain seperti kram otot, kedutan atau mati rasa, dan kesemutan, tanyakan kepada dokter untuk mengetes kadar magensium Anda.

2. Bau Badan yang sangat buruk

Jika memiliki gangguan pencernaan seperti penyakit Crohn atau kolitis ulserativa, Anda mungkin kekurangan seng. Mineral ini membantu tubuh Anda mengelola limbah dan racun, kata Dr Segal.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terlalu sedikit kadar seng dalam tubuh akan menyebabkan tubuh berbau busuk. Uji darah atau urine dapat mengetahui kadar seng dalam tubuh. Namun masalah yang terkait dengan pencernaan harus dibicarakan dengan dokter.
 
8 Bau Badan yang Tidak Boleh Diabaikan
(Aroma menyengat kotoran telinga juga dapat berbau busuk akibat berbagai infeksi. Foto: Pexels.com)

3. Napas berbau telur busuk

Jika menyikat gigi, menggunakan benang, dan makan permen karet tidak menghilangkan bau mulut, Anda mungkin terkena infeksi bakteri. Dr Segal mengatakan, infeksi bakteri yang umum adalah H. pylori yang hidup dalam sistem pencernaan mungkin penyebabnya.
 
Bagi sebagian orang, bakteri ini tidak menimbulkan gejala apa pun. Tapi pada orang lain dapat menyebabkan gastroesophageal reflux disease (GERD/asam lambung), penyakit seliaka, bisul perut, dan bahkan kanker lambung. Dokter Anda dapat melakukan pemeriksaan bakteri dan menyarankan antibiotik untuk memusnahkannya.

4. Napas berbau apel busuk

"Saat tubuh tidak memiliki cukup insulin, hati akan menghasilkan keton kimia, yang merupakan cara tubuh untuk mengimbangi kekurangan insulin," kata Dr Segal.
 
Penelitian dalam Journal of International Society of Preventative dan Community Dentistry menemukan napas berbau apel busuk berkaitan dengan diabetes akibat kadar insulin yang tidak seimbang.
 
Jika mengalaminya konsultasikan dengan dokter. Bagi yang telah didiagnosis diabetes, bicarakan dengan dokter tentang cara-cara mengontrol gula darah dengan lebih baik.

5. Hidung bau

Alasan bau pada hidung karena ada kedekatan dan kaitan antara rongga mulut dengan sinus dan tenggorokan. Dokter di Klinik Telinga, Hidung, Tenggorokan dan Alergi di Houston Kathleen R. McDonald mengatakan, "Bau pada hidung terjadi pada berbagai kondisi kesehatan, seperti tetesan postnasal, batu amandel, gigi berlubang, infeksi sinus, dan polip hidung."
 
Saatnya menghubungi dokter dan berbincang-bincang tentang semua gejala Anda untuk menemukan penyebabnya.
 
8 Bau Badan yang Tidak Boleh Diabaikan
(Terlalu sedikit kadar seng dalam tubuh akan menyebabkan tubuh berbau busuk. Uji darah atau urine dapat mengetahui kadar seng dalam tubuh. Foto: Pexels.com)

6. Bau telinga yang menyengat

Aroma menyengat kotoran telinga juga dapat berbau busuk akibat berbagai infeksi. McDonald mengatakan saat seseorang memiliki rambut yang tumbuh ke dalam atau kista sebaceous. Saat terjadi iritasi atau infeksi pecah, produk sampingannya akan berbau busuk. Hubungi pelayanan medis untuk mengidentifikasi dan mengobatinya.

7. Kaki berbau

Menurut American Podiatric Medical Association, keringat berlebihan pada kaki sepanjang hari dan setiap hari bisa menjadi kondisi langka yang disebut hiperhidrosis.
 
Bagi sebagian orang, keringat sangat banyak sehingga kaki bisa sangat basah di dalam sepatu. Jika kaki Anda selalu berkeringat dan penggunaan kaus kaki tidak membantu, tanyakan kepada ahli penyakit kaki untuk mendapatkan bantuan dalam mengelola gejalanya.

8. Napas bau di pagi hari

Jika mempraktikkan kebersihan mulut yang baik, Anda seharusnya tidak bangun dengan napas berbau busuk. Pada banyak kasus, mereka yang bernapas melalui mulut karena hidung tersumbat sebenarnya memiliki sleep apnea yang tidak terdiagnosis.
 
Gangguan pernapasan ini sangat berbahaya. Selain itu, sleep apnea membuat mulut berbau karena sangat kering.
 
Psikolog klinis yang berspesialisasi dengan gangguan tidur Michael J. Breus mengatakan, jika Anda biasa mendengkur dan memiliki napas busuk di pagi hari serta sering kelelahan bicarakan dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan pengobatannya.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif