Ilustrasi--Shutterstock
Ilustrasi--Shutterstock

Perawatan untuk Autisme

Rona autisme
Sunnaholomi Halakrispen • 10 Juli 2019 13:09
Autisme ada beberapa tahap mulai dari gejala ringan hingga parah dan setiap anak pun mengalaminya dengan unik. Dan ada berbagai jenis terapi bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan bicara dan perilaku
 

Jakarta: Bagi autisme, menjalankan sejumlah perawatan khusus merupakan hal yang penting dan tidak boleh terlewatkan. Bahkan jika anak Anda belum secara resmi didiagnosis memiliki gangguan spektrum autisme, ia mungkin masih mendapat manfaat dari perawatan ini.
 
Perawatan tersebut layak untuk anak di bawah usia tiga tahun yang mungkin berisiko terhadap masalah perkembangan. Sementara itu, jenis perawatan yang diterima anak Anda untuk gangguan spektrum autisme tergantung pada kebutuhan individualnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebab, Autisme ada beberapa tahap mulai dari gejala ringan hingga parah dan setiap anak pun mengalaminya dengan unik.Dilansir dari webmd, berbagai jenis terapi bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan bicara dan perilaku. Tujuannya, untuk mengurangi gejala dan meningkatkan pembelajaran dan perkembangannya.
 
Salah satunya, perawatan perilaku dan komunikasi. Perawatan ini biasanya dilakukan di sekolah dan klinik tertentu untuk membantu anak Anda mempelajari perilaku positif dan mengurangi perilaku negatif.
 
Pendekatan ini dapat digunakan untuk meningkatkan berbagai keterampilan, dan ada berbagai jenis untuk berbagai situasi, yakni pelatihan uji coba diskrit, menggunakan pelajaran sederhana dan penguatan positif.
 
Pelatihan tanggapan penting, membantu mengembangkan motivasi untuk belajar dan berkomunikasi. Kemudian, ada intervensi perilaku intensif dini yang diyakini terbaik untuk anak di bawah usia lima tahun. Sedangkan, intervensi perilaku verbal berfokus pada keterampilan bahasa.
 
Ada juga pengembangan, perbedaan Individu, pendekatan berbasis hubungan. Jenis perawatan ini lebih dikenal sebagai Floortime. Sebab, melibatkan Anda turun ke lantai dengan anak Anda untuk bermain dan melakukan kegiatan yang disukainya.
 
Pelatihan itu dimaksudkan untuk mendukung pertumbuhan emosional dan intelektual dengan membantunya mempelajari keterampilan komunikasi dan emosi.
 
Selanjutnya, perawatan dan pendidikan anak-anak autistik dan komunikasi terkait. Perawatan ini menggunakan isyarat visual seperti kartu bergambar untuk membantu anak Anda mempelajari keterampilan sehari-hari seperti cara berpakaian. Dilakukan dengan membaginya menjadi langkah-langkah kecil sehingga ia dapat mempelajarinya dengan lebih mudah.
 
Kemudian, sistem komunikasi penukaran gambar. Perawatan ini merupakan perawatan berbasis visual lain tetapi menggunakan simbol, bukan kartu gambar. Anak Anda akan belajar bertanya dan berkomunikasi melalui simbol-simbol khusus.
 
Sejumlah perawatan itu bisa dikatakan pekerjaan yang berhubungan dengan terapi. Jenis perawatan yang membantu anak Anda belajar keterampilan hidup seperti memberi makan dan berpakaian sendiri, mandi, dan memahami bagaimana berhubungan dengan orang lain. Keterampilan yang dia pelajari dimaksudkan untuk membantunya hidup secara mandiri.
 
Terapi Integrasi Sensorik. Jika anak Anda mudah kesal dengan hal-hal seperti cahaya terang, suara-suara tertentu, atau perasaan disentuh, terapi ini dapat membantunya belajar menghadapi informasi sensorik semacam itu.
 
Perihal obat-obatan, tidak ada obat untuk gangguan spektrum autisme dan saat ini tidak ada obat untuk mengobatinya. Akan tetapi, beberapa obat bisa membantu mengatasi gejala terkait, seperti depresi, kejang, susah tidur, dan masalah fokus.
 
Penelitian telah menunjukkan bahwa pengobatan paling efektif ketika dikombinasikan dengan terapi perilaku, karena diterapkan langsung dalam kehidupan sehari-hari. Bicarakanlah dengan dokter anak Anda tentang apakah ada obat yang tepat untuk mengobati gejala autisme.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif