Bagaimana Jika Drooling Menetap pada Si Kecil?
Terlepas apakah itu mitos yang masih banyak dipercayai yang harus Anda perhatikan adalah jika drooling (ngiler) si kecil menetap. (Foto: Tanja Heffner/Unsplash.com)
Jakarta: Anda pernah melihat si kecil mengiler? Terlepas apakah itu mitos yang masih banyak dipercayai yang harus Anda perhatikan adalah jika drooling (ngiler) si kecil menetap.

Menurut Dr. Mulya Rahma Karyanti, SpA (K), jika drooling tidak kunjung hilang hingga malah beberapa hari atau tahun, ada baiknya Anda mengonsultasikannya ke dokter anak untuk diperiksa dan dicari apa penyebabnya.

Dr. Mulya menerangkan bahwa perlu penanganan serius jika terus menerus drooling, untuk penanganan khusus seperti terapi oral motor, pengobatan atau tindakan operasi khusus misalnya.


"Hal tersebut dilakukan untuk melihat adanya kemungkinan terhadap keterlambatan bicara, yang memerlukan sehingga diperlukan kerjasama tim dokter ahli yang meliputi spesialis anak, spesialis THT, spesialis rehabilitasi medis, ahli wicara, dan ahli okupasi untuk pengobatan medis yang berfungsi untuk mengatasi gangguan di mulut dan menurunkan volume air liur," ujar dr. yang disapa Karyanti Mulya ini.


(Anda pernah melihat si kecil mengiler? Terlepas apakah itu mitos yang masih banyak dipercayai yang harus Anda perhatikan adalah jika drooling (ngiler) si kecil menetap. Foto: Li Tzuni/Unsplash.com)

(Baca juga: Empat Kebiasaan agar Gigi Si Kecil Kuat)

“Sebaiknya anak dikonsultasikan dulu ke dokter untuk penanganan khusus seperti terapi oral motor, pengobatan atau tindakan khusus,” tambahnya lagi.

Ia juga menekankan, baik drooling yang terjadi beberapa bulan sebaiknya juga tetap dikonsultasikan ke dokter anak, begitu juga dengan bayi yang mulutnya selalu terbuka yang menyebabkan air liur jadi terus keluar.

Ketika si kecil mengeluarkan air liur atau ngeces, Anda di rumah secara sederhana bisa segera membersihkannya, “Karena jika tidak akan menyebabkan penyakit kulit, infeksi kuman, jamur, bakteri, atau virus,” sarannya.

Tambahan lagi perlunya menjaga kebersihan mulut dengan menggosok gigi, kumur, serta memberikan nutrisi yang lengkap , dan seimbang agar tidak mudah terjadi sariawan atau penyakit infeksi.





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id