Berenang punya banyak manfaat. Dari sisi psikologis Anda hingga fisik. (Foto: Pexels.com)
Berenang punya banyak manfaat. Dari sisi psikologis Anda hingga fisik. (Foto: Pexels.com)

5 Manfaat Berenang untuk Kesehatan

Rona psikologi kesehatan mental
Raka Lestari • 31 Juli 2020 10:09
Jakarta: Selain menjadi salah satu olahraga yang menyenangkan, berenang juga punya berbagai manfaat. Dalam satu studi disebutkan bahwa berenang juga diklaim dapat membantu mereka yang memiliki masalah kesehatan mental. 
 
Bahkan di Inggris berenang jadi salah satu cara alternatif untuk mengurangi masalah kesehatan mental. Studi di Inggris tersebut menyebutkan satu dari empat orang mengalami masalah kesehatan mental setiap tahun.
 
Dan lebih dari 400 ribu dari 3,3 juta dengan gangguan kecemasan telah mengurangi pengobatan untuk mengelola kondisi mereka dengan cara berenang secara teratur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Stacy Lu dalam Insider menerangkan bahwa berenang juga jadi salah satu olahraga aerobik yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.
 
Selain itu, berenang juga menawarkan manfaat dari olahraga yang berbeda dari olahraga lainnya. Berikut ini adalah manfaat lainnya:

1. Olahraga yang menggerakkan seluruh tubuh

“Anda menggunakan sebagian besar dari bagian atas dan bawah tubuh ketika sedang berenang,” kata Brian Wright, profesor kinesiologi di Universitas DePauw. Dengan berenang juga dapat memberikan manfaat olahraga secara keseluruhan.

2. Membakar kalori

Menggerakkan semua otot itu membutuhkan banyak energi dan itu dapat menyebabkan pembakaran kalori sebagai gantinya.
 
Semakin kuat latihan, semakin banyak kalori yang terbakar. “Banyaknya kalori yang terbakar, tergantung dari kemampuan Anda berenang itu sendiri,” kata Lori Sherlock, profesor fisiologi olahraga di West Virginia University.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

American Heart Association menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama 2,5 jam setiap minggu. Dan berenang dapat memberikan manfaat yang sama seperti berolahraga di daratan seperti bersepeda, berjalan kaki atau kelas menari. 
 
Faktor lain adalah tekanan hidrostatik, yang merupakan gaya yang diberikan air terhadap suatu benda. Tekanan pada air ini mendorong darah ke jantung dan meningkatkan sirkulasi.

4. Dapat mengurangi stres

Aktivitas fisik rutin, termasuk berenang berkaitan dengan penurunan stres psikologis dan dapat meningkatkan mood. “Banyak orang yang mengatakan bahwa tekanan pada air ketika berenang membuat rileks, memiliki efek yang sama seperti ketika sedang berpelukan,” kata Sherlock.

5. Baik untuk penderita asma

Berenang juga merupakan pilihan yang aman untuk penderita asma. “Orang-orang cenderung memiliki risiko lebih rendah untuk mendapatkan serangan asma ketika berenang dibandingkan ketika melakukan aktivitas luar ruangan seperti bersepeda atau hiking,” kata Wright. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berenang dapat meningkatkan fungsi paru-paru, terutama pada anak-anak.
 

(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif