Studi: Anak-anak Cenderung Menjadi Pendengkur Jika Mereka Terkena Asap Rokok
Penelitian yang dipimpin oleh Dr Ke Sun menemukan bahwa paparan asap rokok sebelum dan sesudah kelahiran dapat meningkatkan kebiasaan anak mendengkur. (Foto: Dakota Corbin/Unsplash.com)
Jakarta: Asap rokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan orang dewasa namun juga berpengaruh bagi anak-anak.

Dikutip dari Daily Mail, penelitian menunjukkan bahwa risiko anak-anak menjadi pendengkur naik hingga 87 persen jika mereka terkena asap rokok secara terus menerus. 

Peluang anak-anak untuk menjadi pendengkur naik sekitar dua persen untuk setiap batang rokok yang dihisap setiap hari di rumah.


Pada studi tersebut, peneliti di China meninjau 24 penelitian yang melibatkan hampir 88.000 anak untuk mencapai kesimpulan. Mendengkur juga sering dikaitkan dengan sleep apnea yang dianggap dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

Dr Lucy Popova, seorang peneliti di Georgia State University mengatakan, "Beberapa orang tua mungkin berpikir bahwa anak-anak yang mendengkur terlihat lucu atau menggemaskan."


(Dikutip dari Daily Mail, penelitian menunjukkan bahwa risiko anak-anak menjadi pendengkur naik hingga 87 persen jika mereka terkena asap rokok secara terus menerus. Foto: Jelleke Vanooteghem/Unsplash.com)

(Baca juga: Memastikan Anak Mendapatkan Tidur Cukup)

"Tetapi mendengkur seringkali merupakan tanda-tanda awal dari gejala sleep apne yang sering dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung," ujar Popova. 

Penelitian tersebut juga menambah bukti yang menunjukkan bahwa terkena asap rokok pasif dapat merusak, terutama bagi anak-anak yang masih dalam tahapan perkembangan.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr Ke Sun menemukan bahwa paparan asap rokok sebelum dan sesudah kelahiran dapat meningkatkan kebiasaan anak mendengkur, dibandingkan mereka yang tidak terkena paparan asap rokok. 

Anak-anak yang terpapar asap rokok saat ibu mereka hamil dua kali lebih mungkin untuk memiliki anak dengan kebiasaan mendengkur.





(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id