Kepuasan seksual berkontribusi pada kualitas hidup secara keseluruhan. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Kepuasan seksual berkontribusi pada kualitas hidup secara keseluruhan. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Peran Orgasme pada Kesehatan Anda

Rona seks dan kesehatan
Kumara Anggita • 15 Maret 2019 19:05
Orgasme pada suami dan istri memiliki beberapa manfaat kesehatan. Diantaranya dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menghilangkan sakit kepala, mengatur siklus menstruasi, dan lainnya. Namun jangan terlalu memaksakan karena rasa stres justru menghambat orgasme.
 

 
Jakarta:
Orgasme memberikan banyak manfaat bagi orang termasuk pada kesehatan fisik dan mental. Dengan orgasme, ternyata kekebalan tubuh seseorang meningkat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dinukil dari Refinery29, orgasme memberikan banyak dampak bagi kesehatan fisik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orgasme memiliki manfaat kesehatan yang kuat misalnya meningkatkan kekebalan tubuh, menghilangkan sakit kepala, mengatur siklus menstruasi, dan dapat membantu tidur Anda.
 
Tidak hanya itu, orgasme juga baik untuk kesehatan mental. Ini semua berkat dari hormon yang membuat Anda jadi merasa senang.
 
"Aliran bahan kimia yang baik dan hormon yang terlibat dalam orgasme, khususnya oksitosin dan dopamin dapat membuat Anda dalam suasana hati yang lebih baik," kata terapis seks, Vanessa Marin.
 
Akan tetapi, walaupun dampak yang diberikan orgasme baik, Anda tidak perlu terlalu memaksakannya.
 
(Baca juga: Orgasme Wanita Perbesar Kemungkinan untuk Hamil?)
 
Peran Orgasme pada Kesehatan Anda
(Mengingat orgasme membuat Anda sehat, Dr Needle menyarankan untuk memprioritaskan kesenangan (bukan paksaan yang membuat stres). Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
 
Hal ini karena orang yang semakin bertujuan untuk mendapatkan orgasme saat berhubungan justru dapat membuatnya semakin stres.
 
"Tekanan dapat menjadi salah satu hambatan terbesar untuk benar-benar belajar bagaimana mendapatkan orgasme," katanya.
 
Bahkan, seks tanpa orgasme saja juga memberikan manfaat yang baik. Seorang psikolog mengatakan bahwa seks dapat meningkatkan suasana hati, kepercayaan diri, dan citra tubuh, tak dipungkiri juga bisa mengurangi stres.
 
"Kepuasan seksual berkontribusi pada kualitas hidup secara keseluruhan," kata Rachel Needle, PsyD.
 
"Berhubungan seks dapat meredakan ketegangan dan meningkatkan fungsi kognitif," lanjutnya. Namun, lain cerita bila orang yang depresi ingin menyembuhkan diri dengan seks atau orgasme. Dr Needle mengatakan bahwa orgasme tidak akan membantunya.
 
"Jika Anda memiliki masalah nyata tentang kesehatan mental Anda, Anda lebih cocok berbicara dengan terapis dan membuat rencana perawatan yang lebih komprehensif," kata Marin.
 
"Orgasme, walaupun sehebat yang mereka rasakan, tidak akan membantu Anda 'melenyapkan' depresi yang melumpuhkan," katanya.
 
Mengingat orgasme membuat Anda sehat, Dr Needle menyarankan untuk memprioritaskan kesenangan (bukan paksaan yang membuat stres) demi kesehatan mental. Ini bisa didapatkan melalui berhubungan seks dengan pasangan istri atau suami Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif