5 Manfaat Mandi Air Hangat bagi Kesehatan
(Foto: Huffington Post)
Jakarta: Ada berbagai cara untuk melindungi kesehatan, selain berolahraga dan pola makan sehat. Hal-hal keseharian, seperti mandi air hangat, juga bisa dimanfaatkan untuk mempertahankan tubuh yang prima.

Berikut adalah manfaat mandi air hangat bagi kesehatan secara keseluruhan, seperti dilansir Boldsky.

1. Membersihkan kulit


Air hangat yang membasahi tidak hanya membersihkan kulit Anda dari luar, tetapi juga membantu untuk membuka pori-pori kulit dan menghilangkan kotoran dan racun yang dalam. Dengan demikian, kulit menjadi segar dan lentur.

2. Meningkatkan kesehatan otak dan saraf

Berendam dalam air hangat membuat sistem saraf rileks, mengurangi rasa sakit dan peradangan. Kegiatan tersebut membantu mengurangi stres dan kecemasan.

3. Membantu pola tidur

Air hangat menenangkan tubuh yang tegang karena otot-otot tubuh menjadi rileks ketika mulai terkena air panas. Akibatnya, mental dan fisik pun menjadi tenang sehiangga membantu tidur lebih cepat dan nyenyak.

5. Menurunkan berat badan

Pasien penderita diabetes terbukti kehilangan 2,5 pon berat badan dengan mandi air hangat biasa. Berendam dalam air hangat membantu mengurangi kadar glukosa darah dan gula sehingga membantu menurunkan berat badan.

5. Meningkatkan sirkulasi darah

Berendam air hangat seperti latihan ringan untuk pembuluh darah. Ketika terkena air hangat, tekanan yang diberikan oleh air pada tubuh mengakibatkan peningkatan kapasitas jantung untuk memompa darah. Ini berarti, jantung berdetak lebih cepat dan lebih kuat saat berada di dalam bak mandi dan meningkatkan sirkulasi ke seluruh tubuh.





(DEV)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360