Banyak orang langsung menggosok gigi mereka setelah minum kopi padahal itu dapat merusak gigi. (Ilustrasi/Pexels)
Banyak orang langsung menggosok gigi mereka setelah minum kopi padahal itu dapat merusak gigi. (Ilustrasi/Pexels)

Sebaiknya Tidak Langsung Menggosok Gigi Setelah Minum Kopi

Rona kopi tips merawat gigi
Raka Lestari • 09 Juni 2020 11:03
Jakarta: Minum kopi sebelum memulai aktivitas pagi adalah rutinitas yang cukup sering dilakukan oleh banyak orang. Tidak hanya karena rasanya yang nikmat, secangkir kopi di pagi hari juga bisa membuat lebih bersemangat dan menimbulkan perasaan bahagia.
 
Namun ada satu masalah, banyak orang langsung menggosok gigi mereka setelah minum kopi padahal itu dapat merusak gigi. Alasannya adalah karena kopi memiliki komposisi asam yang melembutkan enamel gigi Anda, suatu lapisan yang melindungi gigi dari noda dan kerusakan lainnya. “Menggosok gigi sesaat setelah minum kopi dapat merusak dan melemahkan enamel gigi, sehingga membuat gigi menjadi rentan terhadap kerusakan,” ujar dokter gigi dari Califronia, Zareh Kouyoumdjian.
 
Dilansir dari Healthline, sebaiknya Anda menunggu sekitar 30 menit sebelum Anda menggosok gigi Anda. Dengan menunggu, akan memberi waktu pada enamel gigi untuk kembali memulihkannya dari efek kopi. “Dan selama waktu tunggu tersebut, Anda bisa membersihkan gigi dengan air putih,” saran Kouyoumdjian. Cara ini juga bisa meningkatkan kandungan saliva, sehingga bisa mengembalikan mineral ke gigi Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dan jika Anda memiliki bekas noda yang menempel pada gigi karena nodi kopi atau beberapa makanan lannya, Anda bisa menggunakan bahan alami seperti buah strawberry untuk membantu memutihkan gigi. Dikutip dari The List, buah strawberry sudah terbukti bisa memutihkan gigi. “Ini karena strawberry mengandung asam malat, yang dapat memutihkan gigi,” ujar Richard Marques, seorang dokter gigi.
 
Selain strawberry, apel juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan gigi Anda. “Itu karena mereka juga mengandung asam malat, serta memiliki kandungan air yang tinggi, yang membantu membersihkan sisa-sisa residu dari gigi Anda,” kata Marques.
 
Dan menurut GQ, apel juga merangsang produksi air liur, yang membantu mencegah perubahan warna pada gigi Anda. Dan menurut Journal of Clinical Dentistry, pastikan untuk memilih pasta gigi yang mengandung baking soda karena baking soda lebih efektif secara signifikan untuk mencegah noda pada gigi dan memutihkan gigi.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif