NEWSTICKER
Apa saja tanda-tanda pekerjaan telah mengambil alih kehidupan Anda? Berikut daftarnya. (Foto: Pexels.com)
Apa saja tanda-tanda pekerjaan telah mengambil alih kehidupan Anda? Berikut daftarnya. (Foto: Pexels.com)

4 Tanda Pekerjaan Mengambil Alih Hidup Anda

Rona psikologi stres
Kumara Anggita • 24 Februari 2020 08:00
Jakarta: Ada masanya pekerjaan bisa buat super stres dan merasa terbebani. Namun bila hampir setiap hari Anda merasakan emosi yang negatif karena pekerjaan Anda, pasti ada masalah yang mungkin Anda belum sadari dan perlu Anda benarkan.
 
Amy Morin, penulis “13 Things Mentally Strong People Don’t Do” menulis tanda-tanda pekerjaan telah mengambil alih kehidupan Anda antara lain:

1. Anda tidak bisa berhenti memikirkan pekerjaan

Pulang dan akhir pekan adalah waktu Anda untuk bersantai. Jadi, jika Anda pulang ke rumah dan tidak bisa berhenti mengulangi rapat yang salah di kepala Anda atau memikirkan semua alasan mengapa Anda tidak ingin bangun untuk bekerja besok, maka kualitas kehidupan Anda akan menurun.

2. Anda mengeluh tentang pekerjaan 

Jika Anda benar-benar tidak bahagia dan tidak puas dengan pekerjaan Anda, Anda mungkin mulai menghabiskan banyak waktu dan energi untuk menjelaskan kepada teman, keluarga, dan siapa saja yang akan mendengarkan betapa buruknya pekerjaan Anda saat ini.
 
Mengeluh mungkin terasa enak saat ini, tetapi Morin mengatakan itu tidak sehat bila diteruskan karena merampas kekuatan mental Anda dan pada akhirnya membuat hidup Anda jadi semakin lebih susah.

3. Pikiran Anda tentang pekerjaan sangat negatif

Ketika Anda memiliki pandangan yang suram di kantor Anda, Morin mengatakan Anda mungkin mulai berpikir terlalu banyak tentang pekerjaan, seperti "Saya tidak akan pernah mendapat promosi," atau "Saya selalu dimarahi." "Monolog batin Anda mungkin semakin menyeret Anda ke bawah," katanya.

4. Anda tidak peduli lagi dengan kinerja Anda lagi

Ada harinya performa Anda baik namun ada harinya Anda lelah dan tak terlalu peduli dengan pekerjaan. Namun perhatikan seberapa sering dan lama Anda melakukan kebiasaan untuk tidak peduli ini karena bersikap tidak peduli bisa menjadi salah satu tanda bahwa Anda depresi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Peningkatan penundaan, kurangnya partisipasi, dan pekerjaan yang ceroboh adalah tanda-tanda Anda kehilangan minat pada pekerjaan Anda," kata Morin.
 
Perlu diingat bahwa dalam jangka panjang Anda terus menjaga kebiasaan buruk ini maka ini berakibat pada karier Anda di tempat saat ini Anda bekerja. Jadi, temui psikolog atau teman untuk berbagi rasa dan menemukan solusinya.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif