Studi: Coba-coba Merokok Awal Mula Kecanduan
Para peneliti menyimpulkan bahwa penurunan prevalensi merokok selama 20 tahun terakhir karena adanya pengalaman untuk mencoba rokok yang juga menurun pada remaja. (Foto: David Tran/Unsplash.com)
Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa tiga dari lima orang yang mencoba merokok menjadi perokok rutin. Penemuan yang diterbitkan dalam jurnal Nicotine & Tobacco Research tersebut menyurvei lebih dari 215 ribu responden bertujuan untuk mengurangi kebiasaan merokok pada kalangan remaja. 

"Dalam perkembangan perilaku kecanduan, perpindahan dari coba-coba menjadi praktik keseharian adalah hal yang penting dimana hal tersebut mengimplikasikan adanya aktivitas hiburan yang berubah menjadi kebutuhan implusif," tukas pemimpin studi Professor Peter Hajek dari Queen Mary. 


(Para peneliti menyimpulkan bahwa penurunan prevalensi merokok selama 20 tahun terakhir karena adanya pengalaman untuk mencoba rokok yang juga menurun pada remaja. Foto: russn_fckr/Unsplash.com)


(Baca juga: Ini yang Membuat Orang Kecanduan Merokok)

Mereka menemukan bahwa tingkat pembicaraan dari 'merokok pertama kali' ke 'perokok harian' secara mengejutkan tinggi, sehingga mengonfirmasi pentingnya pencegahan percobaan. 

Para peneliti mencari survei relevan dalam Global Health Data Exchange yang menanyakan tentang pernahkah mencoba merokok dan merokok setiap hari. Delapan survei ditemukan dari Inggris, Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru. 

Tim tersebut mengalkulasi bahwa 60,3 persen dari respons mengaku pernah mencoba merokok, dan sekitar 68,9 persen dari mereka menjadi perokok harian. 


(Para peneliti mencari survei relevan dalam Global Health Data Exchange yang menanyakan tentang pernahkah mencoba merokok dan merokok setiap hari. Foto: Philippe Goulet/Unsplash.com)

Survei berbeda digunakan dan mengestimasi ada 68,9 persen dari angka pembicaraan yang menyebutkan hal serupa mengalami margin error (60,9 dan 76,9 persen). 

Melihat hal tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa penurunan prevalensi merokok selama 20 tahun terakhir karena adanya pengalaman untuk mencoba rokok yang juga menurun pada remaja. 

"Kekhawatiran yang muncul adalah rokok bisa menyebabkan kecanduan konvensional, namun ini belum terjadi. Sangat sedikit non-perokok yang mencoba rokok eletrik dan menjadi perokok harian. Sementara non-perokok yang mencoba rokok biasa menjadi kecanduan," papar Hajek. 









(TIN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360