NEWSTICKER
    Sumber Vitamin B yang Tinggi dari Sayur dan Buah. Foto: Pexels
    Sumber Vitamin B yang Tinggi dari Sayur dan Buah. Foto: Pexels

    Sumber Vitamin B yang Tinggi dari Sayur dan Buah

    Rona Buah sayuran vitamin kesehatan
    Putri Purnama Sari • 22 November 2022 10:45
    Buah dan sayur merupakan bahan pangan yang banyak memberi manfaat bagi tubuh terutama untuk mendukung kebutuhan akan vitamin.
     
    Vitamin merupakan kelompok senyawa organik yang tidak termasuk dalam golongan protein, karbohidrat maupun lemak.
     
    Kebutuhan vitamin ini sebenarnya relatif kecil, namun peranannya dalam tubuh sangat penting karena vitamin berperan sebagai sebagai zat pengatur pemeliharaan dan pertumbuhan.
     
    Baca: Mudah Didapat, Inilah 9 Makanan Terbaik untuk Melawan Kanker

    Vitamin tidak dapat diproduksi oleh tubuh secara cukup, sehingga harus diperoleh dari sumber makanan. Menurut Pakar Gizi Indonesia, Sumber makanan yang tinggi akan vitamin adalah buah dan sayuran yang berwarna hijau, kuning, merah, oranye, coklat, ungu, dan lain-lain.

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


    Buah dan sayur memiliki banyak kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E, dan vitamin B. Yang akan banyak dibahas dalam artikel ini adalah mengenai vitamin B, dimana vitamin B merupakan salah satu jenis nutrisi yang paling dibutuhkan oleh tubuh.
     
    Dilansir dari halodoc, vitamin B diperlukan untuk mendorong reaksi kimia yang memerankan peranan penting untuk menjalankan fungsi tubuh. Vitamin B juga merupakan vitamin yang dapat larut dalam air sehingga kelebihan vitamin B yang terjadi dalam tubuh dapat dikeluarkan bersama urine.
     
    Vitamin B yang tinggi dapat kamu peroleh dengan cukup mengonsumsi buah-bahan dan sayur, berikut adalah sumber vitamin B yang bisa kamu dapatkan dari buah dan sayur:

    1. Nanas

    Nanas yang banyak memiliki kandungan Vitamin B-1 atau Thiamin. Vitamin ini sangat berguna untuk meningkatkan daya pikir. Bila Anda tidak ingin mudah mengalami lupa

    2. Peach

    Buah persik (peach) memiliki daging buah berwarna kuning dan aroma yang harum. Buah peach mengandung vitamin B-3 atau Niasin yang berfungsi untuk menjaga saraf otak agar bekerja dengan baik.

    3. Jeruk

    Selain memiliki kandungan vitamin C, jeruk jga ternyata memiliki kandungan vitamin B-5 yang melimpah, dimana vitamin B-5 berfungsi memproduksi beragam hormon yang diperlukan oleh tubuh.

    4. Apel

    Kandungan vitamin B yang terkandung di dalam apel dapat memberi reaksi neurotrasmitter pada otak.

    5. Semangka

    Buah semangka juga mengandung Vitamin B-6 yang memiliki peran dalam menjaga kesehatan otak dan kelancaran peredaran darah dalam tubuh.

    6. Bayam

    Jenis sayur yang satu ini tentunya sering kamu konsumsi, apalagi dalam bentuk sayur bening ataupun rebus. Setiap 85-gram bayam mentah mengandung 41% kebutuhan harian akan vitamin B9 dan ketika dimasak kadar vitamin B9-nya turun menjadi 31% kebutuhan harian. Vitamin B dalam bayam memiliki manfaat untuk membantu mengatasi sembelit, melindungi lambung, dan mencegah akumulasi racun di usus besar.

    7. Sawi

    Sayur sawi dengan kandungan asam folatnya yang tinggi tersebut, sangat bagus untuk ibu hamil. Hal ini karena vitamin B berperan untuk pembentukan sel darah merah dan pertumbuhan sel, sehingga ia berperan penting dalam pencegahan cacat lahir dan keguguran.

    8. Lobak

    Lobak juga memiliki kandungan vitamin B9 yang cukup tinggi lho. Setiap 85 gram-nya, sayur lobak masak mengandung 25% kebutuhan harian vitamin B9. Vitamin B pada lobak bermanfaat untuk pencegahan peradangan dalam tubuh, mencegah penyakit jantung, bahkan mencegah terjadinya kerapuhan tulang.
     

     
    (WAN)


    social
    FOLLOW US

    Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

    Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

    unblock notif