Bibir Bengkak Saat Hamil, Normal atau Tidak?
Selain morning sickness, kaki yang terasa sakit, dan beberapa perubahan pada tubuh lainnya saat hamil yaitu bibir yang membengkak. (Foto: Roberto Delgado Webb/Unsplash.com)
Jakarta: Selain morning sickness, kaki yang terasa sakit, dan beberapa perubahan pada tubuh lainnya saat hamil, bibir yang membengkak juga salah satu keluhan yang cukup sering dialami oleh para wanita yang sedang hamil. 

Dan terkadang bibir yang membengkak ketika sedang hamil juga membuat para wanita bertanya-tanya apakah yang mereka alami sesuatu yang normal atau tidak. 

"Tentu ada beberapa hal yang berubah pada tubuh Anda seiring dengan semakin membesarnya kehamilan yang sedang Anda jalani," ujar Dr Sherry A. Ross, ahli kesehatan wanita dan penulis buku "The Definitive Guide to Women's Intimate Health."


Ia juga mengatakan bahwa beberapa wanita memang mungkin mengalami pembengkakan pada bibirnya dan itu merupakan hal yang normal, ujar Dr Ross kepada People.

(Baca juga: Delapan Cara Mengatasi Kaki Bengkak Selama Kehamilan)


(Selain morning sickness, kaki yang terasa sakit, dan beberapa perubahan pada tubuh lainnya saat hamil, bibir yang membengkak juga salah satu keluhan yang cukup sering dialami oleh para wanita yang sedang hamil. Foto: Joshua Rawson-Harris/Unsplash.com)

"Pembengkakan adalah bagian normal dari kehamilan dan itu terjadi di hampir setiap bagian tubuh Anda termasuk bibir Anda." Dia juga menambahkan bahwa peningkatan aliran darah ke seluruh tubuh berkontribusi terhadap pembengkakan yang terjadi pada tubuh wanita yang sedang hamil tersebut. 

Meski begitu, gejalanya tidak terlalu umum. Sebagian wanita yang sedang hamil tidak mengalami pembengkakan, dan beberapa lainnya mungkin mengalami pembengkakan pada akhir masa kehamilan saja. 

Namun bagi wanita yang mengalaminya, hal itu tidak perlu dikhawatirkan. "Begitu Anda melahirkan, tubuh Anda akan kembali ke ukuran semula dalam waktu sekitar 3 hingga 6 bulan, begitu pula dengan bibir Anda," kata Dr Ross.

Pada akhirnya, wanita memang harus menerima bahwa akan ada perubahan yang terjadi pada tubuh wanita selama kehamilan. 





(TIN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id