Pemeriksaan kesehatan jantung penting dilakukan untuk mencegah penyakit yang dapat berakibat fatal (Foto:Webmd)
Pemeriksaan kesehatan jantung penting dilakukan untuk mencegah penyakit yang dapat berakibat fatal (Foto:Webmd)

Tak Perlu Takut Periksa Jantung Menggunakan CT Calcium Score

Rona penyakit jantung Bethsaida Hospital
Anggi Tondi Martaon • 16 Januari 2020 12:14
Jakarta: Kesadaran masyarakat akan pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, terutama jantung, masih rendah. Padahal pemeriksaan kesehatan jantung penting dilakukan untuk mencegah penyakit yang dapat berakibat fatal.
 
Dokter Ahli Jantung dan Pembuluh Darah di Bethsaida Hospital DR. dr. Raja Adil Cakranegara Siregar, SpJP(K), mengimbau masyarakat untuk menghilangkan ketakutan tersebut.
 
"Ada juga yang takut memeriksakan diri karena khawatir jika ketahuan (mengidap penyakit jantung) akan semakin stres. Padahal sebenarnya jangan berpandangan seperti itu,” kata dr.  Raja saat ditemui Medcom.id di Bethsaida Hospital, Gading Serpong, Tangerang, Banten.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Konsultan Sub-Ahli Intervensi Member of American Heart Association itu menyebutkan, semakin cepat gejala penyakit jantung diketahui, maka penanganan yang dilakukan lebih mudah. Biaya yang dikeluarkan juga akan lebih murah.
 
"Kalau sudah tahap lanjut tentu memerlukan pengorbanan lebih besar. Termasuk obat-obat lebih banyak, efek lebih banyak. Ya kalau tidak menimbulkan efek fatal, kalau menimbulkan efek fatal tentu sangat merugikan sekali," ucapnya.
 
Oleh karena itu, Doktor Kardiologi lulusan UPH-UNHAS itu menyarankan untuk rutin memeriksakan kesehatan jantung sedini mungkin. Terlebih, saat ini penyakit jantung banyak menyerang usia muda akibat pengaruh gaya hidup tidak sehat.
 
"Gaya hidup yang kurang bergerak. Misalnya, menggunakan kendaraan, jarang olahraga, stres, kurang istirahat dan lain-lain. Itu semua menjadikan hidup manusia semakin tinggi faktor risiko. Karena itu kita harus memeriksakan diri," ucap Raja menjelaskan gaya hidup tidak sehat.
 
Raja menyarankan agar masyarakat rutin memeriksakan kesehatan jantung pada usia 40 tahun ke atas. Namun, bagi yang mempunyai riwayat hipertensi, kolesterol, diabetes dianjurkan segera memeriksakan kesehatan jantung meski berumur di bawah 40 tahun.
 
Tak Perlu Takut Periksa Jantung Menggunakan CT Calcium Score
Dokter Ahli Jantung dan Pembuluh Darah di Bethsaida Hospital DR. dr. Raja Adil Cakranegara Siregar, SpJP(K) (Foto:Anggi Tondi Martaon/Medcom.id)
 
Mengenai rentang waktu pemeriksaan jantung, bagi pengidap kolesterol sebaiknya rutin sebulan sekali. "Kalau normal, setiap enam bulan atau setahun sekali," tutur dr. Raja.
 
Dalam pemeriksaan jantung, kini telah hadir sebuah metode pemeriksaan  yang lebih unggul dari segi proses dan tindakan, yakni dengan pemeriksaan CT Calcium Score untuk mendapatkan hasil akurat.
 
Melalui Calcium Scoring, pasien tidak perlu puasa, pemeriksaan laboratorium, pasang infus, dan lainnya. Biaya yang dikeluarkan juga lebih murah, yaitu sepertiga daripada scan lengkap.
 
"Waktu pemeriksaan dengan CT Calcium Score juga lebih singkat, hanya 5-10 menit," ucapnya. 
 
CT Calcium Scoring tersedia di Bethsaida Hospital. Anda dapat melakukan pemeriksaan jantung di Bethsaida Hospital karena fasilitas kesehatan jantung lengkap, didukung tenaga medis berkualitas dan berpengalaman.

 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif