Kedelai dan Gandum, Makanan yang Memperburuk Tiroid
Kedelai dan Gandum, Makanan yang Memperburuk Tiroid

Kedelai dan Gandum, Makanan yang Memperburuk Tiroid

Rona tiroid kesehatan tiroid
Torie Natalova • 11 Mei 2019 19:35
Jakarta: Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang berada di pangkal leher Anda dan melepaskan hormon yang berperan dalam mengatur metabolisme, detak jantung, pertumbuhan, suhu internal dan lainnya. Jika tiroid rusak, banyak masalah yang dapat terjadi di tubuh Anda.
 
Ada dua jenis utama penyakit tiroid yaitu hipotiroidisme dan hipertiroidisme. Hipotiroidisme, terjadi ketika tiroid tidak menghasilkan hormon yang cukup. Gejalanya meliputi penambahan berat badan, kelelahan, depresi, dan kepekaan terhadap dingin.
 
Di sisi lain, ketika tiroid melepaskan terlalu banyak hormon, itu disebut hipertiroidisme. Gejalanya Anda mungkin mengalami penurunan berat badan, gugup, lekas marah, kepekaan terhadap panas, dan detak jantung tidak teratur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyakit tiroid sebagian besar dikendalikan oleh genetika, tetapi stres, racun lingkungan, dan diet berperan. Makanan juga dapat memperburuk penyakit tiroid. Beberapa makanan ini dapat memperburuk tiroid Anda.
 
1. Makanan cepat saji
 
Kelenjar tiroid satu-satunya organ yang menggunakan yodium untuk membuat hormon. Makanan cepat saji mengandung banyak garam, tapi sangat sedikit yodium.
 
2. Makanan olahan
Sama seperti makanan cepat saji, makanan olahan dan kemasan juga mengandung banyak garam tapi sedikit yang beryodium. Banyak makanan olahan dan kemasan yang mengandung lebih dari 20 persen asupan natrium harian Anda dalam satu sajian.
 
3. Gandum
Orang dengan penyakit celiac berisiko lebih tinggi mengalami gangguan tiroid. Celiac merupakan kelainan di mana tubuh tidak dapat menangani gluten dalam biji-bijian seperti gandum, barley dan gandum hitam.
 
4. Kedelai
 
Ada sedikit kontroversi mengenai kedelai. Setelah dianggap sebagai pengganti yang sehat untuk produk daging, muncul bukti yang menunjukkan kedelai dapat memiliki efek negatif pada fungsi tiroid. Kedelai dapat mempengaruhi kemampuan tiroid untuk menyerap yodium.
 
Namun, banyak peneliti mengatakan bahwa selama Anda tidak makan kedelai berlebihan atau memiliki kekurangan yodium, Anda tidak berisiko mengembangkan tiroid yang kurang aktif atau hipotiroidisme.
 
5. Jeroan
Jeroan menawarkan satu ton asam lipoat yang dikenal untuk mengurangi peradangan dan mendukung fungsi kognitif. Sayangnya, asam lipoat juga dapat mempengaruhi tiroid jika terlalu banyak. Asam lipoat juga tidak dianjurkan untuk orang yang minum obat tiroid karena dapat mengubah fungsi obat.
 
6. Sayur silangan
 
Jenis sayuran ini seperti brokoli, kol, kembang kol dan kangkung sangat unik karena mengandung senyawa sulfur yang disebut glukosinolat untuk melawan kanker. Namun, jika Anda memiliki kekurangan yodium, hindari jenis sayuran ini karena proses pencernaan untuk sayuran ini dianggap menghambat kemampuan tiroid memanfaatkan yodium.
 

 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif