Aqua workout adalah program kebugaran yang dilakukan di dalam air. (Foto: Courtesy of Shape Singapore)
Aqua workout adalah program kebugaran yang dilakukan di dalam air. (Foto: Courtesy of Shape Singapore)

Manfaat Aqua Workout untuk Tubuh

Rona kesehatan
Dhaifurrakhman Abas • 03 Juli 2019 08:00
Aqua workout adalah program kebugaran yang dilakukan di dalam air. Mulai dari pilates, aqua treadmill, siklus putaran air dan banyak lagi. Terapis pakar lutut dan bahu, Dr Amyn Rajani, juga menyebut latihan di air baik untuk mengobati penyakit radang sendi.
 

Jakarta: Ingin kehilangan lemak sekaligus mengatur nada napas menjadi lebih baik? Langsung saja Anda melompat ke kolam renang dan lakukan aqua workout.
 
Aqua workout menjadi program kebugaran yang tengah digandrungi. Sebab, Anda bisa melakukan segalanya dari dalam air. Mulai dari pilates, aqua treadmill, siklus putaran air dan banyak lagi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sebenarnya ada banyak yang bisa dilakukan di sini (kolam renang). Orang-orang sekarang mencoba sejumlah latihan air, seperti aqua kickboxing, aqua HIIT (pelatihan interval intensitas tinggi), pelatihan sirkuit air dan bahkan tabata air,” kata spesialis aqua, Deepali Jain, seperti dikutip Times of India.
 
Jain menyebut, program latihan ini baik untuk menjaga kesehatan motorik. Sebab aqua workout melibatkan plyometrics atau disebut dengan gerakan eksklusif melawan daya apung air.
 
“Ini akan menghilangkan kalori secara ganda. Ini juga lebih aman untuk sendi,” sambung dia.
 
Manfaat <i>Aqua</i> <i>Workout</i> untuk Tubuh
(Aqua workout adalah program kebugaran yang dilakukan di dalam air. Mulai dari pilates, aqua treadmill, siklus putaran air dan banyak lagi. Foto: Courtesy of Elite Coach)
 
Sementara itu, terapis pakar lutut dan bahu, Dr Amyn Rajani, juga menyebut latihan di air baik untuk mengobati penyakit radang sendi. Dia menganjurkan untuk melakukan latihan sepeda stasioner di dalam air.
 
“Hidroterapi sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai latihan rutin Bagi banyak orang. Ini adalah obat yang efektif untuk nyeri sendi,” ungkap Ranjani.
 
Ranjani bilang, berolahraga dalam air juga meningkatkan stamina serta sistem kardiovaskular manusia. Tetapi keuntungan terbesar yang ditawarkan lebih berfokus pada menghilangkan tekanan pada persendian, mengurangi rasa sakit dan kekakuan. 
 
“Ada kompresi 360 derajat ketika Anda berada di bawah air, sehingga menurunkan denyut jantung Anda. Ini merupakan istirahat dasar yang terbaik untuk jantung Anda,” ujarnya.
 
Sementara itu, terdapat beberapa jenis aqua workout yang direkomendasikan untuk pemula. Misalnya The hop dan jumping jacks.
 
“Dalam hal ini, Anda harus mencoba dan menjaga keseimbangan Anda,” tandasnya.
 
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif