Mengurangi konsumsi gula bisa mengurangi risiko terkena penyakit diabetes, jantung, darah tinggi, dan penyakit kronis lainnya. (Ilustrasi/Pexels).
Mengurangi konsumsi gula bisa mengurangi risiko terkena penyakit diabetes, jantung, darah tinggi, dan penyakit kronis lainnya. (Ilustrasi/Pexels).

Cara Mengurangi Konsumsi Gula

Rona gula
Sunnaholomi Halakrispen • 14 November 2019 17:06
Jakarta: Mengurangi konsumsi gula bisa mengurangi risiko terkena penyakit diabetes, jantung, darah tinggi, dan penyakit kronis lainnya. Untuk mengurangi konsumsi gula, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan.
 
Seperti disitat dari WebMD, salah satu cara yang pasti ialah dengan melewatkan makanan yang dikemas. Hal ini juga dalam mendukung makanan utuh, seperti buah-buahan segar, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.
 
Selain itu, ketika Anda membeli makanan siap pakai, baca label nutrisinya. Jika Anda tahu berapa banyak gula dalam suatu produk, Anda dapat membatasi berapa banyak jumlah yang layak Anda makan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Minumlah air, bukan soda atau minuman khusus untuk olahraga. Sebab, gula tambahan dalam minuman tersebut bahkan lebih buruk dari pada banyaknya sumber makanan padat dalam hal nutrisi dan kepuasan lapar.
 
Kemudian, hindari makanan olahan, seperti kue manis, permen, varian coklat unik, dan permen lainnya. Termasuk yang gurih, seperti beragam saus. Jangan berlebihan mengonsumsi produk-produk tersebut.
 
Pabrik makanan biasanya menggunakan gula untuk memperpanjang umur simpan produk mereka. Tujuannya, untuk lebih sedikit makan makanan yang dijual dalam kemasan, alih-alih memberikan makanan segar yang cepat disajikan.
 
Cara efektif lainnya ialah ganti gula dengan bahan perasa lain yang lebih ramah untuk kesehatan Anda. Misalnya, gunakan lemon atau akar manis (licorice), sebagai perasa yang baik untuk teh Anda.
 
Ketika ingin mengonsumsi kopi, cobalah kayu manis, ekstrak vanila, atau bubuk kakao tanpa pemanis. Jika Anda bisa minum susu, aduk sedikit untuk menambahkan gula yang alami dengan susu cair yang tidak manis.
 
Langkah mengurangi gula juga bisa langsung dari si gula. Contohnya, upaya minum kopi dengan hanya setengah sendok makan gula, dibandingkan kebiasaan lama yang menggunakan satu sendok makan untuk gula. Lakukanlah pengurangan itu secara perlahan dan nikmatilah.
 
Apabila Anda menyukai atau bahkan tergila-gila mengonsumsi cokelat, pilihlah jenis Dark Chocolate. Cokelat hitam biasanya memiliki lebih sedikit gula dan lemak dari pada cokelat yang dioleh dengna susu atau cokelat putih.
 
Penelitian telah menunjukkan bahwa cokelat hitam juga dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Semakin tinggi kandungan kakao, semakin baik. Maka demikian, carilah cokelat hitam yang memiliki 70 persen cokelat atau yang lebih tinggi. Menggigit cokelat hitam sebanyak 1-2 ons beberapa kali seminggu akan memuaskan gigi manis Anda.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif