Flexitarian, Diet Nomor 3 Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan (Foto: istock)
Flexitarian, Diet Nomor 3 Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan (Foto: istock)

Flexitarian, Diet Nomor 3 Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Rona diet berat badan
Torie Natalova • 16 Februari 2019 20:19
Jakarta: Diet keto dan Whole30 menjadi populer di beberapa tahun terakhir untuk membantu menurunkan berat badan. Tetapi, kedua diet tersebut memaksa Anda memotong sekelompok makanan demi mendapatkan perut yang ramping.
 
Anda yang ingin menurunkan berat badan atau makan lebih sehat tanpa meninggalkan makanan yang disukai, cobalah diet Flexitarian. Diet ini dinilai sebagai metode diet terbaik ketiga di Amerika setelah diet DASH dan Mediterania.
 
Pada dasarnya, diet flexitarian ini merupakan rencana atau pola makan vegetarian tanpa harus menghindari daging atau produk susu. Jumlah total harian kalori untuk menurunkan berat badan adalah 1500 kalori. Sehingga, diet ini membatasi Anda pada jumlah asupan kalori per harinya. Ini sangat bermanfaat karena selain menambah asupan sayuran dan biji-bijian, Anda tetap bisa mendapatkan manfaat baik dari mengonsumsi daging.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun lima kelompok makanan flexitarian seperti pengganti daging yang mengacu pada protein nabati (kacang-kacangan, tahu dan tempe), buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh (quinoa, gandum, millet, beras merah, jagung), produk susu (yogurt, susu, kefir dan keju), rempah-rempah untuk bumbu peningkat rasa.
 
Pilihan protein yang diperbolehkan dalam diet Flexitarian ini seperti telur organik, daging, susu, dan unggas organik, makanan laut hasil tangkapan liar. Selain itu, diet flexitarian harus membatasi alkohol, daging olahan, makanan cepat saji dan gula tambahan.
 
Anda yang ingin memulai diet ini bisa melakukannya secara bertahap dengan cara memotong asupan daging menjadi dua dan menukar setengah porsi daging atau ayam dengan protein nabati seperti kacang, lentil atau tahu. Perbanyak buah dan sayuran juga biji-bijian.
 
Selain dapat menurunkan berat badan, penelitian menunjukkan bahwa diet flexitarian dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, penurunan risiko kanker, dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.
 
 
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif