Hindari dari penyakit jantung koroner dengan berbagai cara salah satunya dengan mengecek tensi berkala. (Ilustrasi/Pexels)
Hindari dari penyakit jantung koroner dengan berbagai cara salah satunya dengan mengecek tensi berkala. (Ilustrasi/Pexels)

Hindari Serangan Jantung dengan “Know Your Number”

Rona jantung
Kumara Anggita • 14 Desember 2019 18:10
Jakarta: Tidak ada yang mau kecolongan meninggal karena serangan jantung. Karena itu, Anda harus menjaga kesehatan jantung Anda.
 
Hindari dari penyakit jantung koroner dengan berbagai cara salah satunya dengan mengecek tensi berkala. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dr. dr. Sally Aman Nasution, SpPD-KKV, FINASIM, FACP  menyebutkan, pastikan Anda tahu berapa tensi Anda.
 
“Know your number. Anda bisa pergi ke mal atau apotek untuk mengecek tekanan darah Anda sekarang. Kalau masih normal, enam bulan lagi cek lagi atau setahun lagi. Kalau tinggi cepat konfirmasi ke dokter,” ujarnya di Jakarta, Rabu, 11 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia juga menyebutkan bahwa banyak para pasiennya yang mengelak angka yang didapat saat mengecek tekanan darah dan akhirnya membiarkannya begitu saja. Hal ini harus dihindari atau kondisi tubuh akan semakin memburuk.
 
Kategori tekanan darah menurut American  Heart Association
 
Untuk kategori normal, systolic mm Hg (angka atasn) kurang dari 120 dan diastolic mm Hg (angka bawah) kurang dari 80. Untuk kategori tinggi systolic mm Hg (angka atasn) 120-129 dan diastolic mm Hg (angka bawah)kurang dari 80
 
Untuk kategori tekanan darah tinggi (hipertensi) level satu systolic mm Hg (angka atas) 130-139  atau diastolic mm Hg (angka bawah) 80-89. Untuk kategori tekanan darah tinggi level dua systolic mm Hg (angka atas)  140 atau lebih atau diastolic mm Hg (angka bawah) 90 atau lebih
dan untuk kategori krisis hipertensi systolic mm Hg (angka atas) lebih dari 150 dan atau diastolic mm Hg (angka bawah) lebih dari 120. Konsultasikan ke dokter segera.
 
Jadi dari sekarang rajin-rajinlah mengecek tekanan darah dan menjaga angkanya di angka normal. Ini bisa dilakukan dengan  memiliki gaya hidup yang sehat.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif