Ilustrasi--Pexels
Ilustrasi--Pexels

Efek Penggunaan Tas Punggung yang Terlalu Berat

Rona berat badan
Raka Lestari • 11 Oktober 2019 17:05
Jakarta: Tas punggung atau backpack merupakan salah satu jenis tas yang menjadi favorit banyak orang. Muatannya yang cukup banyak membuat banyak orang memilih untuk menggunakan tas punggung, ketika harus membawa barang-barang dalam jumlah banyak, seperti ketika sedang bepergian atau sekolah.
 
Namun mungkin banyak yang belum menyadari bahwa menggunakan tas punggung yang terlalu berat dalam waktu yang lama juga dapat memberikan masalah besar. Seperti dilansir Reader's Diegest penggunaan tas punggung yang tidak tepat dapat memberikan efek negatif pada tubuh Anda seperti berikut ini:
 
Postur tubuh berubah

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda mungkin tidak menyadari seberapa besar tas punggung yang berat dapat memengaruhi postur tubuh Anda. Dan itu bisa berdampak juga pada anak-anak. 
 
“Tanda-tanda bahwa tas punggung Anda terlalu berat adalah ketika menarik punggung anak Anda ke belakang, menyebabkan punggung mereka berbentuk seperti lengkungan,” kata Neel Anand, MD, profesor bedah ortopedi dan direktur trauma tulang belakang di Cedars-Sinai Spine Center, Los Angeles. 
 
"Ini menghasilkan kompresi tulang belakang yang tidak alami dan mengurangi keseimbangan, membuatnya lebih mudah jatuh dan terluka."
 
Tulang belakang yang tidak sejajar
 
“Dalam jangka panjang, mengenakan tas punggung yang berat setiap hari dapat menyebabkan ketidaksejajaran tulang belakang dan mempercepat penuaan tulang belakang yang normal secara degeneratif,” ujar D’Wan Carpenter, DO, dokter ahli kesehatan fisik dan rehabilitasi bersertifikat. “Otot-otot dapat menjadi terlalu sering digunakan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan lebih sering mengalai cedera.”
 
Risiko mengalami arthritis
 
Efek penggunaan tas punggung yang terlalu berat tidak hanya sakit punggung. “Berat tambahan yang berasal dari tas punggung kemudian ditransmisikan melalui sendi tulang belakang, pinggul, dan lutut,” kata Dr Carpenter. "Ini dapat meningkatkan risiko osteoartritis dini (keausan sendi)."
 
Otot-otot inti Anda melemah
 
Karena tas punggung yang terlalu berat menyebabkan postur tubuh Anda condong ke depan, Anda bisa mulai kehilangan kekuatan di perut dan punggung. “Tubuh yang condong ke depan secara berlebihan juga dapat mengakibatkan terlalu banyak tekanan pada punggung bagian bawah Anda, seperti halnya tekukan ke depan secara berulang-ulang,” kata ahli terapi fisik, Kendra Kohanski. "Seiring waktu, punggung dan otot-otot inti Anda sebenarnya bisa melemah, yang dapat menyebabkan sakit punggung."
 
Anda mengalami sakit kepala 
 
Jika Anda mengalami sakit kepala setiap hari atau mati rasa dan kesemutan, cobalah berhenti menggunakan tas punggung Anda. "Penggunaan jangka panjang dapat menekan saraf serviks, menyebabkan mati rasa, kesemutan, dan memancarkan rasa sakit di leher dan ke bawah lengan," kata terapis fisik dan instruktur yoga Lara Heimann. "Ransel yang berat dapat menyebabkan sakit kepala dan ketidaknyamanan leher kronis karena meningkatnya beban posterior.
 


 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif