Ilustrasi---(Foto: Pexels.com)
Ilustrasi---(Foto: Pexels.com)

Pentingnya Merawat Kesehatan Gigi saat Hamil

Rona kehamilan gigi
Raka Lestari • 10 Oktober 2019 08:09
Jakarta: Ketika memasuki masa-masa kehamilan, pemeriksaan kesehatan gigi Anda secara rutin merupakan hal yang sering terlupakan. Perhatian Anda dan pasangan, mungkin sepenuhnya tercurahkan pada calon bayi yang ada dalam perut Anda. 
 
Namun sebenarnya kesehatan gigi calon ibu pada saat kehamilan bukanlah hal yang sepele. Kesehatan seluruh anggota tubuh Anda akan memengaruhi satu sama lain, yang berarti masalah pada gigi dan mulut Anda juga berpotensi untuk memberikan efek pada kehamilan Anda.
 
Sebelum kesehatan gigi dan mulut Anda menjadi masalah, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui wanita hamil mengenai kesehatan gigi dan mulut seperti dikutip romper:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jangan lupakan ke dokter gigi selama kehamilan
 
“Salah satu miskonsepsi banyak orang adalah menganggap bahwa perawatan ke dokter gigi tidak aman, padahal justru sebaliknya,” kata Donald L. Chi, DDS, PhD, Professor of Oral Health Sciences di University of Washington School of Dentistry. 
 
Dokter gigi dapat menemukan masalah potensial pada gigi sebelum bertambah buruk. Selain itu juga membantu Anda untuk mengidentifikasi apa yang perlu menjadi perhatian khusus. Kemudian memberi tips jika Anda memiliki masalah kesehatan gigi yang berkaitan dengan kehamilan seperti gingivitis kehamilan.
 
Morning sickness memiliki dampak pada kesehatan gigi
 
Mual dan muntah selama kehamilan merupakan sesuatu yang berat, terutama jika Anda mengalami hyperemesis gravidarum. Dr Chi menjelaskan perubahan biologis yang menyertai kehamilan, seperti muntah, yang mengekspos gigi terhadap asam lambung dan perubahan hormon dapat menyebabkan gusi berdarah. 
 
Perhatikan saat mengidam makanan manis
 
Dr. Chi menyarankan calon ibu untuk tidak makan makanan manis dan minuman mengandung gula untuk menghindari kerusakan gigi. “Wanita hamil harus menyikat gigi secara teratur dengan pasta gigi berfluoride," tambahnya. 
 
Jennifer A. Hasslen, BA, DDS, Asisten Profesor di Creighton University School of Dentistry menambahkan bahwa sikat gigi yang mengandung fluoride aman untuk digunakan wanita hamil. 
 
Kesehatan gigi yang buruk dapat berdampak pada kesehatan gigi bayi 
 
"Bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan penyakit gusi ditularkan ke bayi yang baru lahir pada saat proses kelahiran dan pada saat mereka bayi,” jelas Dr Chi. 
 
Dr Hasslen juga menambahkan bahwa ketika anak kecil mengalami gigi berlubang, biasanya bakteri yang menyebabkan gigi berlubang tersebut cocok dengan bakteri yang terdapat pada mulut orang tua mereka.
 

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif