Gigitan anak kucing yang kesal di tangan Anda bisa saja mengandung Bartonella henselae, atau demam atau penyakit kucing yang merupakan kasus jarang. (Foto: Pexels.com)
Gigitan anak kucing yang kesal di tangan Anda bisa saja mengandung Bartonella henselae, atau demam atau penyakit kucing yang merupakan kasus jarang. (Foto: Pexels.com)

Gigitan Paling Berbahaya yang Pernah Ada

Rona kesehatan
Kumara Anggita • 16 Mei 2019 06:00
Beberapa gigitan bisa jadi berbahaya bagi Anda. Seperti misalnya gigitan dari monyet. Menurut Centers for Disease Control (CDC), gigitan monyet dapat menularkan rabies yaitu penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan parsial, halusinasi, dan, jika tidak diobati dapat menyebabkan kematian.
 

Jakarta:
Tak hanya harimau, serigala, atau kobra yang suka menggigit tapi ada mahluk di sekitar Anda yang gigitannya luar biasa dan membahayakan Anda.
 
Jauhkan setiap bagian dari Anda dari mulut makhluk-makhluk ini atau Anda bisa mengalami kelumpuhan, delusi, atau kematian yang menyiksa. Gigitan apa saja yang bahaya bagi Anda? Berikut ini informasinya seperti dinukil dari Rd.

1. Kucing rumah

Gigitan anak kucing yang kesal di tangan Anda mungkin hanya bikin luka kecil, tapi luka itu mungkin sulit untuk didesinfeksi dengan benar dan karena itu  risiko infeksinya tinggi. Sebanyak 80 persen gigitan kucing terinfeksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anda bisa terkena Bartonella henselae, atau demam atau penyakit kucing yang merupakan kasus jarang. Ini juga dapat menyebabkan infeksi tulang atau Pasteurella multocida yang dapat menyebabkan pneumonia.
 
Gigitan Paling Berbahaya yang Pernah Ada
(Menurut Centers for Disease Control (CDC), gigitan monyet dapat menularkan rabies yaitu penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan parsial. Foto: Pexels.com)

2. Manusia

Mulut manusia adalah tempat yang kotor. Lebih dari 700 jenis bakteri telah ditemukan hidup di lidah dan gigi. Mungkin tidak mengherankan semua jenis infeksi dapat disebabkan oleh gigitan dari sesama homo sapiens, termasuk Hepatitis B dan C, herpes, tetanus, dan HIV.

3. Monyet

Menurut Centers for Disease Control (CDC), gigitan monyet dapat menularkan rabies yaitu penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan parsial, halusinasi, dan, jika tidak diobati bisa saja dapat menyebabkan kematian.
 
Anda juga dapat tertular herpes Simian, yang dapat menyebabkan ensefalomielitis yaitu peradangan otak yang kadang-kadang fatal yang seperti muntah, kehilangan penglihatan, dan kelumpuhan.

4. Kutu

kutu dapat membawa semua jenis penyakit, dan setiap tahun semakin banyak orang yang terinfeksi. Tergantung di mana Anda tinggal dan spesies kutu mana yang berasal dari daerah Anda.
 
Misalnya beberapa kutu dapat menyebabkan anaplasmosis, babesiosis, demam kutu Colorado, penyakit Lyme, ensefalitis Powassan, Rocky Mountain Spotted Fever, Penyakit Ruam Terkait Kutu Selatan, atau Q fever.
 
Penyakit-penyakit ini memicu ruam dan demam, kelelahan dan nyeri, borok kulit dan masalah neurologis. Mungkin Anda tidak menyangka makhluk-makhluk ini gigitannya begitu fatal. Karena itu, berhati-hatilah jangan sepelekan mereka. Jika Anda merasa tak enak badan setelah mendapatkan sebuah gigitan salah satu dari yang di atas segera konsultasikan ke dokter.
 
Anda bisa berkonsultasi ke Rumah Sakit Medistra, Rumah Sakit Saint Carolus, atau Rumah Sakit Jakarta Medical Center (JMC). Atau hubungi dokter terdekat dari rumah Anda.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif