Bisa saja terjadi karena adanya penyakit tertentu. Hal itu harus dievaluasi kenapa sudah makan banyak tapi berat badan kok tidak naik. (Foto Ilustrasi: Gratisography/Pexels)
Bisa saja terjadi karena adanya penyakit tertentu. Hal itu harus dievaluasi kenapa sudah makan banyak tapi berat badan kok tidak naik. (Foto Ilustrasi: Gratisography/Pexels)

Banyak Makan tapi Tetap Kurus, Apakah Itu Sehat?

Rona berat badan
Raka Lestari • 30 April 2019 17:06
Terkadang hidup dipenuhi tanda tanya. Ada orang yang makannya banyak tapi tidak gendut? Dan ada orang yang mudah sekali berat badannya naik, meski tidak banyak makan?
 

Jakarta: Memiliki badan yang langsing merupakan impian banyak orang, terutama pada kaum hawa. Sebab badan langsing kerap identik dengan kecantikan.
 
Tak ayal beberapa cara dilakukan. Termasuk melakukan diet dengan membatasi makanan demi mendapatkan tubuh ideal tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun ternyata, ada beberapa orang yang justru bernasib sebaliknya. Sebanyak apapun mereka makan, tubuh tetap kurus dan langsing, sehingga tercipta rasa iri.
 
Akan tetapi, kondisi yang sulit gemuk meski sudah makan, apakah merupakan hal yang normal dan sehat?
 
"Kalau berbicara berat badan, kita berbicara tentang kesimbangan energi. Keseimbangan energi itu meliputi dua hal, yaitu energi yang masuk dari makanan dan energi yang keluar. Dalam energi yang keluar itu salah satunya adalah metabolisme basal," jelas dr. Juwalita Surapsari, M. Gizi.
 
Menurut dr. Juwalita, yang juga dokter spesialis klinik di RS Pondok Indah, metabolisme basal yang terdapat pada tubuh setiap orang berbeda-beda. Tergantung umur, jenis kelamin, dan penyakit yang mungkin dialami. Hal tersebut dapat memengaruhi metabolisme basal yang terdapat pada setiap individu.
 
"Misalnya, jika seseorang memiliki gangguan tiroid. Tiroid adalah hormon yang berperan pada metabolisme. Seseorang yang mengalami hipertiroid biasanya metabolisme-nya pun akan tinggi. Dengan metabolisme yang tinggi tersebut maka energi yang keluar pun akan lebih tinggi," sambung dr. Juwalita.
 
Hal itulah yang menurut dr. Juwalita, meskipun memiliki tinggi dan berat badan yang sama, bisa saja ada perbedaan dalam berat badan masing-masing individu.
 
"Jadi mungkin orang yang tinggi dan berat badannya sama, asupan makanannya pun sama, tetapi salah satunya mengalami gangguan kesehatan misalnya ada hipertiroid. Bisa saja orang ini cenderung makan banyak tetapi tetap kurus," terang dr. Juwita.
 
"Bisa saja terjadi karena adanya penyakit tertentu. Hal itu harus dievaluasi kenapa sudah makan banyak tapi berat badan kok tidak naik?," tutup dr. Juwalita.
 
Hobi Kuliner? Gak Perlu Takut Kolesterol

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif