Konsumsi Sayuran Mentah Baik untuk Kesehatan Mental
(Foto: Shutterstock)
Jakarta: Ada berbagai cara untuk menjaga kesehatan mental, salah satunya dengan memperbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan mentah. 

Sebuah studi baru menemukan bahwa konsumsi makanan nabati mentah seperti kiwi, pisang, apel, dan sayuran daun gelap dapat menurunkan gejala depresi dan meningkatkan kesehatan mental dibandingkan dengan makanan yang diproses. 

Selain itu, makanan tersebut juga meningkatkan kesejahteraan psikologis, seperti suasana hati positif dan kepuasan hidup. 


"Penelitian kami menggarisbawahi bahwa konsumsi buah dan sayur yang tidak dimodifikasi berhubungan kuat dengan kesehatan mental yang lebih baik dibandingkan sayuran atau buah yang dimasak, kalengan, atau diproses," jelas peneliti Tamlin Conner, dosen senior di Universitas Otago di Dunedin, Selandia Baru

Conner mengatakan, buah-buahan dan sayur-sayuran yang dimasak, dikalengkan dan diproses kehilangan manfaat kesehatan mental karena proses tersebut berpotensi mengurangi tingkat gizi.

"Memasak dan memproses kemungkinan membatasi pengiriman nutrisi yang penting untuk fungsi emosional yang optimal," tambah Conner.

Penelitian tersebut melibatkan lebih dari 400 dewasa muda dari Selandia Baru dan Amerika Serikat yang berusia 18 hingga 25 tahun.

Conner mengatakan, kampanye kesehatan masyarakat secara historis berfokus pada aspek kuantitas untuk konsumsi buah dan sayuran.

Namun, studi baru menemukan bahwa untuk kesehatan mental khususnya, mungkin juga penting untuk mempertimbangkan bagaimana cara memproduksi makanan.

"Penelitian ini penting karena pendekatan gaya hidup seperti perubahan pola makan dapat menjadi pendekatan yang dapat diakses dan aman untuk meningkatkan kesehatan mental," kata Conner.


Lihat video:






(DEV)