Penelitian CDC dalam Kapal Diamond Princess menyatakan bahwa virus korona atau covid-19 bisa bertahan 17 hari setelah dikosongkan sebelum dilakukan disinfeksi. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
Penelitian CDC dalam Kapal Diamond Princess menyatakan bahwa virus korona atau covid-19 bisa bertahan 17 hari setelah dikosongkan sebelum dilakukan disinfeksi. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Studi: CDC Menemukan Virus Korona Bisa Bertahan Selama 17 Hari

Rona Virus Korona studi kesehatan virus corona covid-19
Raka Lestari • 27 Maret 2020 22:07
Jakarta: Mungkin Anda bertanya-tanya, berapa lama virus korona dapat bertahan pada gedung atau bangunan yang sudah kosong sebelum didisinfeksi?
 
Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat baru-baru ini merilis sebuah laporan baru untuk menjawab pertanyaan tersebut.
 
Para peneliti dari CDC Amerika Serikat mengidentifikasi jejak virus korona jenis baru ini berada di permukaan kabin di kapal pesiar Diamond Princess masih bertahan bahkan 17 hari setelah para penumpang meninggalkan kabin kapal pesiar tersbut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


The CDC menyatakan bahwa hal ini terjadi sebelum didisinfeksi atau sebelum dibersihkan.
 
Diamond Princess dan 3.700 penumpang serta awaknya dikarantina di pelabuhan Jepang pada awal Februari setelah seorang penumpang sebelumnya didiagnosis menderita covid-19 setelah ia kembali dari Hongkong. 
 
Kapal pesiar itu, dengan cepat menjadi cluster yang terbesar dengan kasus konfirmasi positif terbesar di luar Tiongkok dengan 800 penumpang dan kru kapal pesiar yang akhirnya terinfeksi.

CDC: “SARS-CoV-2 RNA was identified on a variety of surfaces in cabins of both symptomatic and asymptomatic infected passengers up to 17 days after cabins were vacated on the Diamond Princess but before disinfection procedures had been conducted (Takuya Yamagishi, National Institute of Infectious Diseases, personal communication, 2020),” tulis CDC. Studi atau penelitian lebih lanjut diperlukan untuk hal ini.


Para peneliti CDC juga mengatakan bahwa virus korona ditemukan di kabin di mana penumpang kapal terkena covid-19, bersamaan dengan awak kabin yang belum terinfeksi sebelumnya. Ini penting untuk dicatat bahwa virus itu ditemukan sebelum kapal itu dibersihkan dan didesinfeksi secara menyeluruh.
 
Studi CDC menemukan bahwa penumpang Diamond Princess menularkan penyakit ini sebelum karantina dan jumlah kasus kru yang terinfeksi memuncak setelah penerapan karantina. 
 
Dan karena data CDC tidak menunjukkan apakah transmisi covid-19 terjadi melalui permukaan benda di kabin atau tidak, maka CDC merekomendasikan untuk penelitian lebih lanjut.
 
Laporan CDC menggarisbawahi pentingnya mengikuti protokol pembersihan dan disinfeksi yang ketat untuk pengendalian infeksi yang efisien. 
 
Bersihkan permukaan barang secara menyeluruh sebelum menerapkan disinfektan. 
 
Pastikan juga untuk mengikuti arahan produk disinfektan dengan tepat, terutama waktu tunggu yang disarankan, untuk memastikan virus atau patogen yang sulit dibunuh dapat benar-benar dihilangkan dari permukaan barang-barang.
 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif