Olahraga teratur dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan mental. (Ilustrasi/Pexels)
Olahraga teratur dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan mental. (Ilustrasi/Pexels)

7 Tips Bantu Tangani Stres untuk Jantung Sehat

Rona stres
Sunnaholomi Halakrispen • 29 Agustus 2020 10:02
Jakarta: Stres dapat berdampak negatif terhadap kesehatan Anda secara keseluruhan dalam beberapa cara. Masalah ini juga berbahaya bagi kesehatan jantung Anda. Sebab, ada kaitan antara stres dan penyakit jantung.
 
Dikutip NDTV, beberapa aktivitas sepanjang hari bisa memicu stres. Dari tekanan pekerjaan hingga masalah pribadi, beberapa faktor dapat membuat Anda stres. Dampak buruk dari stres cukup terkenal. 
 
Bahkan, memengaruhi hormon Anda hingga ke berbagai fungsi tubuh. Stres yang tidak terkontrol berdampak buruk bagi kesehatan mental, kekebalan, pencernaan, dan banyak lagi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut penelitian, stres dapat berkontribusi pada faktor-faktor seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol yang buruk. Sebab, stres membuat Anda mengonsumsi kalori yang tidak sehat, merokok, dan detak jantung tidak teratur. 
 
Faktor-faktor tersebut dapat membuat Anda berisiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Stres kronis dengan kurangnya aktivitas fisik pun dapat memperburuk kondisi. Maka, berikut tips bantu tangani stres untuk jantung sehat.

1. Pilih diet penghilang stres

Diet sehat dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Ini juga dapat membantu Anda menghilangkan stres. Pilih diet seimbang yang sarat dengan buah dan sayuran berwarna.

2. Jangan melewatkan olahraga

Aktivitas fisik yang memadai bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Olahraga teratur dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan mental. Anda juga dapat mencoba yoga untuk mendapatkan pikiran dan tubuh yang lebih baik.

3. Tuliskan

Kapan pun Anda merasa stres, ambil pulpen dan tuliskan apa pun yang Anda rasakan. Ini akan membantu Anda memahami emosi dan mengurangi stres.

4. Bicaralah dengan orang yang dicintai

Mengekspresikan perasaan Anda kepada orang yang Anda cintai juga akan membantu Anda mengendalikan stres. Bicaralah dengan teman dan keluarga Anda. Ini akan membantu Anda menghilangkan stres.

5. Ketahui penyebabnya

Jika Anda cukup sering mengalami stres, Anda harus fokus pada faktor-faktor yang mungkin menjadi penyebab stres. Ini akan membantu mengendalikan stres dari akar penyebabnya.

6. Cobalah latihan pernapasan

Latihan pernapasan membantu Anda fokus pada pola pernapasan dan memberikan efek relaksasi pada pikiran dan tubuh Anda.

7. Alihkan perhatian Anda

Lakukan apa yang Anda sukai untuk mengalahkan stres. Investasikan waktu dalam aktivitas yang menurut Anda menenangkan seperti mendengarkan musik, bermain dengan hewan peliharaan, atau orat-oret sederhana.
 

 
(YDH)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif