Jika anak kurang vitamin, dapat mengganggu daya tahan tubuh. (Foto: Pexels.com)
Jika anak kurang vitamin, dapat mengganggu daya tahan tubuh. (Foto: Pexels.com)

Yang Terjadi Ketika Anak Kurang Vitamin

Rona keluarga kesehatan anak perkembangan anak
Kumara Anggita • 23 April 2020 20:28
Jakarta: Agar sehat dan bugar dan tentunya mendukung pertumbuhannya, anak harus makan makanan empat sehat lima sempurna. Namun, karena berbagai alasan, mungkin tidak setiap hari anak mendapatkan makanan dan minuman yang lengkap seperti itu.
 
Dr. Caessar Pronocitro, Sp.A, M.Sc mengatakan kekurangan vitamin dalam waktu beberapa hari efeknya tidak bisa langsung terlihat dan tidak terlalu menjadi masalah. 
 
“Kalau hanya kekurangan ringan (vitamin) selama 1-2 hari. Misalnya dalam 1-2 hari konsumsi buah-buahan dan sayur kurang, tentu tidak akan langsung memberikan efek yang nyata,” ujarnya dalam acara Media Talkshow Obline Peluncuran Aktivitas #BerjemurAsyik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, bila dibiarkan terus menerus, anak bisa daya tahan tubuhnya rendah. Tenunya daya tahan tubuh yang rendah adalah hal yang kita hindari dalam masa pandemik covid-19.
 
“Tapi kalau terjadi berkepanjangan, anak benar-benar sangat pemilih dalam makan, itu akan efeknya lama. Misalnya mengganggu kesehatan mata, atau bila kurang multivitamin A dan E mengganggu daya tahan tubuh. Lebih mudah sakit,” ujarnya.
 
Bila akhir-akhir ini, Anda merasa anak lagi malas makan dan hasilnya dia jadi kurang vitamin. Selama masih sebentar durasinya, Anda bisa memberikan suplemen.
 
“Tergantung derajat kurangnya vitamin tersebut, tetapi kalau hanya dalam waktu singkat dan bisa diperbaiki dari pola makannya. Misalnya dibantu dengan suplementasi, itu biasanya tidak akan menimbulkan efek yang berbahaya,” jelasnya.

Dari mana vitamin didapatkan?

Barengi juga kegiatan ini dengan vitamin-vitamin lainnya seperti:
 
1. Vitamin A: wortel, bayam, kangkung, kuning telur
 
2. Vitamin B: Ikan tuna, hati, ayam, pisang
 
3. Vitamin C: Kiwi, jambu, pepaya, stroberi, jeruk
 
4. Vitamin D: Ikan kembung, sarden, sinar matahari
 
5. Vitamin E: Minyak jagung, kedelai, kanola, kelapa, selain itu asam lemak omega-3, selenium, seng, besi. Kombinasikan semua vitamin ini dalam makanan lengkap dan seimbang anak Anda. Semua demi daya tahan tubuh yang kuat.

 
(TIN)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif