Tips lain untuk menangani menopause ialah tetap jalani gaya hidup sehat. (Foto Ilustrasi: Luizcals/Pexels)
Tips lain untuk menangani menopause ialah tetap jalani gaya hidup sehat. (Foto Ilustrasi: Luizcals/Pexels)

Cara Tepat Menangani Menopause

Rona menopause
Sunnaholomi Halakrispen • 30 Mei 2019 15:06
Gejala-gejala yang dilalui wanita ketika datang menopause cenderung mengalami osteoporosis. Kekuatan otot pun memburuk. Untuk itu perlu dilakukan antisipasi seperti olahraga beban atau aerobik.
 
Jakarta: Sebagian besar wanita yang mendekati menopause akan mengalami hot flash atau perasaan hangat yang tiba-tiba menyebar ke seluruh tubuh bagian atas dan sering kali membuat wajah memerah hingga berkeringat. Tingkat keparahan hot flash bervariasi dari ringan hingga parah.
 
Selain itu, wanita juga cenderung mengalami osteoporosis, rentan mengidap penyakit jantung, dan berisiko lebih besar terkena penyakit alzheimer. Elastisitas kulit pun memburuk dengan peningkatan kerutan di bagian tubuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, kekuatan otot memburuk, melemahnya penglihatan hingga katarak, serta kandung kemih dan usus yang tidak berfungsi dengan baik. Namun, sejumlah perawatan dapat membantu Anda menurunkan risiko yang terkait dengan kondisi tersebut.
 
Ketika mengalami hot flash, gunakan kipas angin atau AC di kamar Anda. Hindari tempat tidur yang tebal dan Anda bisa memilih bahan tipis untuk pakaian tidur Anda. Simpanlah kain lembap di dekat Anda untuk mendinginkan diri dengan cepat jika Anda bangun dengan perasaan panas dan berkeringat.
 
Jauhkan hewan peliharaan dari kamar tidur Anda, karena mereka bisa mengeluarkan panas. Apabila masalah tidur Anda tidak jua teratasi, bicaralah dengan dokter Anda. Bisa diberikan opsi perawatan seperti terapi penggantian hormon.
 
Terapi penggantian hormon ini dapat meringankan beberapa gejala menopause. Berbagai produk resep tersedia untuk mengobati hot flashes dan gejala vagina. Disarankan untuk mengambil dosis terendah dan hanya untuk waktu yang singkat.
 
Sebab, penelitian telah menghubungkan penggunaan jangka panjang terapi penggantian hormon dengan risiko serangan jantung, stroke, pembekuan darah, dan kanker payudara yang lebih besar. Selain terapi ini, mungkin dokter Anda memberikan antidepresan, obat tekanan darah, atau obat lain untuk membantu hot flash.
 
Ada juga terapi hormon bioidentikal untuk gejala menopause dapat merujuk pada obat resep yang disetujui dokter ahli. Atau bisa juga merujuk pada hormon campuran khusus yang dibuat oleh racikan di apotek sesuai dengan instruksi dokter.
 
Anda juga bisa menjalani perawatan alternatif atau komplementer untuk gejala menopause. Menurut National Institutes of Health, belum ada banyak penelitian yang dirancang dengan baik tentang perawatan seperti black cohosh, dong quai, red clover, dan kedelai. Bicarakan dengan dokter Anda dan beri tahu dia tentang suplemen apa pun yang Anda konsumsi sehingga ia dapat memeriksa interaksi obat.
 
Tips lain untuk menangani menopause ialah tetap jalani gaya hidup sehat. Cara ini penting untuk sepanjang hidup wanita, bahkan sebelum Anda mengalami menopause.
 
Pola makan yang teratur dan sehat, diimbangi dengan aktivitas fisik, bisa memengaruhi kesiapan Anda menjalani menopause dan mengurangi risiko terinfeksi penyakit mematikan. Anda bisa melakukan latihan aerobik untuk jantungnya dan latihan menahan beban untuk tulang.
 
Aerobik dan menahan beban bisa membantu menangkal kenaikan berat badan dan memberikan dorongan suasana hati. Bahkan jika seorang wanita belum sangat aktif di masa mudanya, tidak ada kata terlambat untuk memulai.
 
Anggap saja menopause sebagai awal yang baru dan waktu yang tepat untuk lebih giat melakukan banyak aktivitas dalam hidup Anda. Jangan lupa juga untuk periksakan secara rutin kondisi kesehatan Anda, yang mencakup pengukuran tekanan darah, kolesterol, gula darah, hingga kepadatan tulang.
 
Lawan Faktor U, Tetap Sehat dan Produktif

 
(FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif