Mendapatkan sinar matahari yang cukup dapat membuat mood Anda lebih bahagia.  (Foto: Pexels.com)
Mendapatkan sinar matahari yang cukup dapat membuat mood Anda lebih bahagia. (Foto: Pexels.com)

5 Tanda Bahwa Anda Kekurangan Sinar Matahari

Rona vitamin D
Raka Lestari • 10 April 2020 11:43
Jakarta: Anda tentu sudah mengetahui bahwa terlalu banyak terkena sinar matahari tentu berbahaya, tetapi apa yang tidak Anda sadari adalah bahwa tidak mendapatkan cukup sinar matahari pun bisa berbahaya bagi kesehatan juga. Terutama di tengah pandemi covid-19 ini, para ahli menyarankan untuk mendapatkan sinar matahari meskipun melakukannya di depan rumah saja. 
 
Dan bagaimana mengetahui bahwa Anda sudah mendapatkan sinar matahari yang cukup atau belum? Berikut ini adalah tanda-tandanya:

1. Anda mengalami gangguan mood 

Temperatur yang lebih dingin dapat menyebabkan suasana hati yang suram. “Pada dasarnya ini berdasarkan hormon serotonin di otak,” jelas Wesley Delbridge, RN, juru bicara Academy for Nutrition and Dietetics. 
 
"Dengan paparan cahaya terang, seperti sinar matahari, serotonin akan meningkat." Mendapatkan sinar matahari yang cukup dapat membuat mood Anda lebih bahagia. 

2. Anda mengalami kenaikan berat badan 

Selain mendorong kulit menghasilkan vitamin D, sinar matahari juga menghasilkan nutrisi penting nitrat oksida, yang membuat metabolisme Anda berjalan dengan lancar dan mencegah makan berlebihan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penelitian di Kanada pada tahun 2017 yang diterbitkan jurnal Nature menemukan bahwa kenaikan berat badan pada musim dingin kemungkinan karena kurangnya sinar matahari. 

3. Mengalami masalah tulang 

Menurut Delbridge, arthritis atau fibromyalgia (nyeri otot kronis dan kelelahan) pada orang dewasa sebenarnya bisa menjadi kekurangan vitamin D karena kurangnya sinar matahari. 
 
“Nutrisi seperti kalsium dan kolagen bekerja bersama untuk membangun tulang, tetapi tanpa dosis vitamin D yang tepat, prosesnya terganggu dan tulang Anda sebenarnya bisa terasa sakit dan berdenyut," kata Delbridge.

4. Anda tidak tidur nyenyak

Menurut National Sleep Foundation, menghabiskan banyak waktu dalam pencahayaan buatan atau menatap layar elektronik menyebabkan masalah tidur yang serius. 
 
Kekurangan sinar matahari dapat mengganggu ritme sirkadian (jam internal tubuh Anda), yang bisa berarti Anda tidak cukup tidur, dan dapat dengan mudah memicu insomnia.

5. Keringat yang berlebih 

Berkeringat berlebihan di dahi Anda, terutama jika Anda tidak berolahraga atau terlalu panas, adalah salah satu tanda klasik bahwa Anda tidak mendapatkan cukup vitamin D. 
 
Jika dahi Anda berkeringat (bahkan jika suhu tubuh dan tingkat aktivitas Anda adalah normal), mungkin sudah saatnya untuk bertanya kepada dokter Anda tentang memeriksakan darah Anda karena kekurangan vitamin D.
 


 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif