Kedutan pada kelopak mata sangat umum dan biasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. (Foto Ilustrasi: Pixabay/Pexels)
Kedutan pada kelopak mata sangat umum dan biasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. (Foto Ilustrasi: Pixabay/Pexels)

Penyebab Mata Kedutan

Rona mata
Raka Lestari • 14 April 2019 19:07
Kedutan sendiri terjadi pada eyelid atau kelopak mata Anda. Jika kedutan pada kelopak mata Anda berlangsung lama yaitu sekitar satu hingga tiga minggu, sebaiknya segera cari bantuan medis.
 

Jakarta: Sesuai dengan namanya, kedutan merupakan kondisi di mana mata Anda seperti berkedut. Mata yang berkedut juga sering dikaitkan dengan mitos-mitos yang beredar di masyarakat.
 
Kedutan sendiri terjadi pada eyelid atau kelopak mata Anda. Kondisi di mana mata Anda berkedut sementara atau dalam jangka panjang yang disebut juga myokymia kelopak mata. Disebabkan oleh kegagalan neuron yang secara tidak sengaja merangsang otot-otot kelopak mata Anda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Dr Ming Wang, PhD, dari Wang Vision 3D Cataract & LASIK Center, kedutan pada kelopak mata sangat umum dan biasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Beberapa penyebab umum terjadinya kedutan pada kelopak mata adalah stres, kafein berlebih, dehidrasi, mata kering, masalah nutrisi, dan alergi.
 
"Sangat jarang, mata berkedut bisa menjadi tanda gangguan otak dan saraf tertentu. Tetapi jika kedutan disertai dengan beberapa tanda dan gejala lainnya, mungkin akan berbahaya," kata Dr Hardik Soni, MD, Pendiri dan Direktur Medis Ethos Spa.
 
"Sebaiknya segera cari bantuan medis jika kedutan pada kelopak mata Anda berlangsung lama yaitu sekitar satu hingga tiga minggu. Dan jika kedutan terjadi di bagian lain dari wajah, mata yang merah, bengkak, atau keluar cairan," sarannya.

Baca juga: Cara Mengatasi Overeating saat Makan Siang

Ada beberapa cara yang sangat mudah dan dapat dilakukan untuk mengatasi potensi yang dapat menyebabkan mata Anda berkedut. Dikutip dari Reader's Digest, cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi mata yang berkedut adalah dengan memiliki waktu tidur yang cukup.
 
Selain itu mengurangi konsumsi kafein, dan selalu menjaga agar mata Anda tetap terhidrasi dengan menggunakan obat tetes mata. Kemudian, lakukan hal apapun yang dapat mengurangi tingkat stres Anda.
 
Beberapa obat-obatan ala rumahan juga bisa dilakukan untuk mengurangi mata kedutan. Di antaranya adalah dengan minum air tonik, menggunakan air dingin atau panas yang dijadikan kompres untuk mata Anda.
 
Sedangkan beberapa tindakan ekstrim untuk mengurangi mata kedutan bisa juga menggunakan botox. Tetapi Dr Wang merekomendasikan untuk tidak melakukan tindakan yang bisa dikatakan cukup ekstrem tersebut, karena kondisi kedutan pada mata umumnya dapat sembuh dengan sendirinya.
 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif