NEWSTICKER
Hepatitis A dapat membuat Anda mudah lelah dan Anda akan memiliki energi yang lebih sedikit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. (Foto: Pexels.com)
Hepatitis A dapat membuat Anda mudah lelah dan Anda akan memiliki energi yang lebih sedikit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. (Foto: Pexels.com)

3 Cara Mengobati Hepatitis A

Rona hepatitis a
Raka Lestari • 08 Juli 2019 17:34
Fenomena merebaknya penyakit Hepatitis A yang terjadi di Pacitan sudah dinyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Kohar Hari Santoso mengatakan, jumlah penderita Hepatitis A di Kabupaten Pacitan hingga Senin, 1 Juli 2019 sudah lebih dari 957 pasien.  Tindakan paling penting yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri dari virus Hepatitis A adalah dengan melakukan vaksinasi.
 

 
Jakarta: Hepatitis A adalah penyakit virus yang memengaruhi hati. Siapa pun dapat terinfeksi hepatitis A jika mereka memiliki kontak langsung dengan makanan, minuman atau benda yang terkontaminasi oleh kotoran orang yang terinfeksi.   

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penting untuk diingat bahwa hepatitis A, hepatitis B dan hepatitis C disebabkan oleh virus yang berbeda, tersebar dengan cara yang berbeda dan memerlukan perawatan yang berbeda.
 
Ini berarti bahwa infeksi sebelumnya dengan satu jenis virus tidak akan menawarkan kekebalan terhadap yang lain.

Vaksinasi Hepatitis A

Tindakan paling penting yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri dari virus Hepatitis A adalah dengan melakukan vaksinasi. Memerhatikan kebersihan pribadi secara ketat juga dapat mengurangi risiko Hepatitis A.  
 
Pada umumnya, tidak ada pengobatan khusus untuk hepatitis A. Dalam kebanyakan kasus, sistem kekebalan tubuh Anda akan membersihkan infeksi dan hati Anda akan sembuh sepenuhnya. Perawatan bertujuan untuk meringankan gejala dan mengurangi risiko komplikasi.
 
3 Cara Mengobati Hepatitis A
(Hepatitis A adalah penyakit virus yang memengaruhi hati. Siapa pun dapat terinfeksi hepatitis A jika mereka memiliki kontak langsung dengan makanan, minuman atau benda yang terkontaminasi oleh kotoran orang yang terinfeksi. Foto: Pexels.com)

Beberapa hal yang dapat dilakukan di antaranya:
 
1. Istirahat

Hepatitis A dapat membuat Anda mudah lelah dan Anda akan memiliki energi yang lebih sedikit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Jadi, beristirahat secara cukup sangatlah diperlukan.

2. Makan dalam porsi kecil namun sering

Mual dan muntah dapat memengaruhi nafsu makan Anda dan kurangnya asupan makanan dapat membuat tubuh Anda menjadi lemas dan mudah lelah. Untuk itu, cobalah untuk memilih makanan yang memiliki kalori tinggi jika Anda mengalami gejala mual dan muntah.

3. Lindungi liver Anda

Liver atau hati merupakan organ yang akan memproses obat-obatan dan alkohol. Oleh karena itu, cobalah untuk menghindari alkohol atau makanan apapun yang dapat merusak liver Anda dan lakukan evaluasi pengobatan apapun dengan dokter Anda.
 
Jika Anda telah melakukan kontak dengan seseorang dengan hepatitis A dan Anda belum mendapatkan imunisasi atau vaksin Hepatitis A sebelumnya, cobalah untuk bicarakan dengan dokter untuk mengetahui pilihan perawatan yang bisa Anda dapatkan.
 
Vaksin Hepatitis A sendiri sudah bisa dilakukan sejak usia 12 bulan ke atas. Untuk bayi di bawah 12 bulan dan untuk orang yang memiliki kondisi medis seperti sistem kekebalan yang lemah, yang juga berhubungan dekat dengan orang dengan hepatitis A, suntikan imunoglobulin (juga disebut imunisasi pasif) dapat digunakan.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif