Mengapa Seseorang Takut Sendirian? (Foto: gettyimages)
Mengapa Seseorang Takut Sendirian? (Foto: gettyimages)

Mengapa Seseorang Takut Sendirian?

Rona psikologi
Raka Lestari • 16 Februari 2019 08:00
Jakarta: Anda mungkin pernah mengalami rasa takut akan sendirian. Entah itu ketika bangun tidur lalu tidak ada siapapun di samping Anda atau ketika sendirian di rumah atau di tempat-tempat umum. Rasa ketakutan yang Anda alami ketika sedang sendirian secara resmi dikenal sebagai autophobia, atau monophobia. Jenis fobia ini cukup sering dialami oleh banyak orang.
 
Jika Anda menderita autofobia, Anda tidak sendirian. Ini adalah ketakutan yang cukup umum, kata Chloe Carmichael, PhD, seorang psikolog klinis di Manhattan.
 
"Selain itu, ini juga sering dijadikan alasan untuk memiliki pasangan. Bagi orang-orang yang takut sendirian, itu adalah ketakutan yang sangat kuat yang memiliki pengaruh besar terhadap bagaimana mereka hidup," kata Jill Squyres, PhD, seorang psikolog klinis di Vail, Colorado.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tingkat ketakutan tertentu baik untuk Anda karena "respons evolusi yang membantu Anda bertahan hidup," kata Carmichael.
 
"Dari sudut pandang psikologi evolusi, manusia adalah termasuk bangsa hewan. Bahkan orang-orang yang merasa gugup atau takut ketika mereka sendirian dengan cepat akan bergabung kembali dengan suku atau klan mereka, sehingga mereka tidak akan terluka tanpa ada yang membantu," tambah Squyres.
 
Orang-orang ini lebih cenderung bertahan hidup sampai dewasa dan memiliki anak. Jadi ketakutan Anda tidak dirancang untuk menakuti atau membuat Anda sedih, tetapi untuk memberi Anda kesempatan terbaik untuk bertahan hidup.
 
Anda perlu memperhatikan bahwa ada hal yang serius ketika Anda selalu merasa seperti Anda membutuhkan orang lain atau orang lain di sekitar Anda agar merasa aman, bahkan di tempat yang seharusnya Anda merasa nyaman sendirian, seperti rumah. Begitu Anda sendirian, Anda "mungkin merasa sangat kesepian, bosan, atau cemas," kata Squyres.
 
Jika ini terjadi beberapa kali, itu mungkin normal tetapi jika Anda mulai merasakan adanya pola ketakutan, panik, atau kesedihan yang intens setiap kali Anda sendirian maka ketakukan Anda terhadap kesendirian mungkin bisa sangat parah. Dan itu bahkan dapat menyebabkan Anda merasa tidak nyaman secara fisik, seperti sakit perut, sakit kepala, sakit punggung atau otot, atau bahkan kantuk.
 
(ELG)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif