Mengonsumsi teh hijau dalam jangka panjang, atau setidaknya selama 12 minggu sangat bagus untuk mengatur tekanan darah. (Foto: PIxabay)
Mengonsumsi teh hijau dalam jangka panjang, atau setidaknya selama 12 minggu sangat bagus untuk mengatur tekanan darah. (Foto: PIxabay)

Ini 3 Minuman yang Bisa Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Rona hipertensi
Raka Lestari • 15 Juli 2019 12:05
Darah tinggi kerap menjadi masalah kesehatan yang dijumpai banyak orang. Jika didiamkan, bisa memicu munculnya beberapa penyakit lain. Untuk itu, selain perlu diubah gaya hidup dan pola makan, Anda juga perlu mencoba beberapa minuman yang bisa meredam risiko tekanan darah tinggi.
 
Jakarta: Tekanan darah tinggi menjadi masalah kesehatan yang cukup sering dialami banyak orang. Jika tidak ditangani dengan baik, tekanan darah tinggi dapat berkembang menjadi penyakit yang lebih serius, seperti serangan jantung dan stroke.
 
Kendati demikian, penyakit darah tinggi atau hipertensi ini sebenarnya bisa Anda cegah. Contohnya dengan melakukan perubahan kecil pada gaya hidup serta pola makan yang dapat membantu mengurangi risiko komplikasi kesehatan.
 
Para ahli umumnya merekomendasikan untuk mengurangi garam pada makanan sehari-hari. Mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran juga dapat membantu mengatur gula darah. Selain itu, ada beberapa minuman yang juga bisa mengurangi risiko tekanan gula darah tinggi seperti berikut ini:

1. Teh hijau

Sebuah studi yang dilakukan pada 2004 menemukan bahwa teh hijau dapat membantu mengurangi tekanan gula darah. Studi itu diambil berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 25 peserta. Para peneliti juga menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau dalam jangka panjang, atau setidaknya selama 12 minggu sangat bagus untuk mengatur tekanan darah.

2. Jus buah bit

Dilansir dari Daily Express, para peneliti di London menemukan bahwa, minum satu gelas jus buah bit setiap harinya dapat menjaga dan mengembalikan tekanan darah ke kondisi normal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut British Heart Foundation, efek yang diberikan dari minum jus buah bit adalah kandungan yang tinggi dari senyawa kimia bernama nitrat dan sayuran hijau lainnya seperti kale dan kol.
 
Para ahli menyarankan untuk tidak merebus buah bit sebelum dikonsumsi. Cobalah untuk mengukus, memanggang, atau menjadikan buah bit sebagai jus atau smoothies demi mempertahankan kesehatan Anda dan manfaat yang lebih baik.

3. Kombucha

Kombucha memiliki kandungan probiotik yang sangat tinggi. Minuman ini juga dikenal dapat mempertahankan bakteri baik yang menjaga kesehatan usus Anda.
 
Berdasarkan tinjauan dari sembilan studi sebelumnya, dengan mengonsumsi probiotik selama lebih dari delapan minggu dapat membantu untuk menjaga tekanan darah berada pada level normal. Yogurt, kimchi, miso, tempe, dan makanan fermentasi lainnya juga dapat memberikan manfaat yang sama seperti Kombucha.
 
Waspada Komplikasi Hipertensi

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif