Mengorek Hidung Berlebihan Bisa Memicu Pneumonia
(Foto: The Health Site)
Jakarta: Mengorek hidung atau mengupil adalah cara sederhana untuk membersihkan hidung. Namun, jangan terlalu berlebihan.

Penelitian yang dipublikasikan dalam European Respiratory Journal menunjukkan bahwa mengorek-ngorek hidung secara berlebihan bisa menyebarkan bakteri pneumonia.

Peneliti memaparkan bahwa bakteri pneumokokus bukan hanya virus yang ada di udara, tetapi juga dapat menyebar secara fisik.


Para peneliti dari Liverpool School of Tropical Medicine (LSTM) yang melakukan penelitian ini menyoroti betapa pentingnya menjaga tangan Anda tetap bersih untuk mengurangi risiko menderita penyakit kesehatan yang serius.

Mengenal Pneumonia Secara Umum

Victoria Connor, peneliti klinis di LSTM yang juga merupakan penulis utama dalam penelitian ini, infeksi pneumokokus adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia. Dilaporkan bahwa pneumonia bertanggung jawab untuk 1,3 juta kematian pada anak-anak di bawah usia lima tahun setiap tahunnya.

Waspada! Pneumonia Intai Anak-anak

Pada orang tua, tangan cenderung menjadi alat untuk menyebarkan bakteri sehingga dapat menularkannya kepada anak-anak dengan kekebalan tubuh tidak stabil. (The Health Site)





(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id