Di Amerika Serikat terdapat lebih dari 18 persen orang dewasa dipengaruhi oleh gangguan kecemasan. (Ilustrasi/Pexels)
Di Amerika Serikat terdapat lebih dari 18 persen orang dewasa dipengaruhi oleh gangguan kecemasan. (Ilustrasi/Pexels)

8 Cara Alami Atasi Gangguan Kecemasan

Rona kecemasan
Sunnaholomi Halakrispen • 18 September 2020 12:05
Jakarta: Banyak orang mengalami stres dan kecemasan kronis. Mereka menghadapi gejala seperti gugup, agitasi, tegang, jantung berdebar kencang, dan nyeri dada. Faktanya, kecemasan adalah salah satu masalah kesehatan mental yang paling umum.
 
Dikutip dari Medical News Today, di Amerika Serikat terdapat lebih dari 18 persen orang dewasa dipengaruhi oleh gangguan kecemasan. Data itu terjadi di setiap tahun. 
 
Dalam beberapa kasus, kondisi kesehatan lain, seperti tiroid yang terlalu aktif, dapat menyebabkan gangguan kecemasan. Mendapatkan diagnosis yang akurat dapat memastikan bahwa seseorang menerima perawatan terbaik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengobatan alami umumnya aman digunakan bersamaan dengan terapi medis konvensional. Namun, perubahan pada pola makan dan beberapa suplemen alami dapat mengubah cara kerja obat anti kecemasan, maka penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba solusi ini.

1. Olahraga

Olahraga adalah cara yang bagus untuk membakar energi kecemasan. Penelitian pun cenderung mendukung penerapan metode ini.
 
Misalnya, tinjauan tahun 2015 dari 12 uji coba terkontrol secara acak menemukan bahwa olahraga mungkin merupakan pengobatan untuk kecemasan. Namun, tinjauan tersebut memperingatkan bahwa hanya penelitian dengan kualitas lebih tinggi yang dapat menentukan seberapa efektif penelitian tersebut.
 
Olahraga juga dapat membantu mengatasi kecemasan yang disebabkan oleh keadaan stres. Hasil studi tahun 2016, misalnya, menunjukkan bahwa olahraga dapat bermanfaat bagi orang yang memiliki kecemasan terkait berhenti merokok.

2. Meditasi

Meditasi dapat membantu memperlambat pikiran yang berpacu, sehingga lebih mudah untuk mengelola stres dan kecemasan. Berbagai macam gaya meditasi, termasuk perhatian dan meditasi selama yoga, dapat membantu.
 
Meditasi berbasis kesadaran semakin populer dalam terapi. Sebuah tinjauan meta-analitik 2010 menunjukkan bahwa meditasi bisa sangat efektif untuk orang-orang dengan gangguan yang berkaitan dengan suasana hati dan kecemasan.

3. Latihan relaksasi

Beberapa orang secara tidak sadar mengencangkan otot dan mengatupkan rahang sebagai respons terhadap kecemasan. Maka, latihan relaksasi progresif dapat membantu.
 
Cobalah berbaring dalam posisi yang nyaman dan perlahan-lahan rilekskan setiap kelompok otot tubuh. Mulai dari jari-jari kaki, hingga ke bahu dan rahang.
 
Read All


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif