banner

Teori Ini Bisa Bantu Anda Memilih Toilet Umum yang Bersih

Raka Lestari 16 Januari 2018 09:02 WIB
studi kesehatan
Teori Ini Bisa Bantu Anda Memilih Toilet Umum yang Bersih
(Foto: Reader's Digest)
Jakarta: Ketika Anda akan menggunakan toilet umum, bagian mana yang sering Anda gunakan? Apakah bagian pinggir atau tengah?

Kebersihan utama tentunya menjadi prioritas, bukan?

Namun, ternyata ada teori yang bisa menyebutkan bagian mana toilet yang paling bersih.


Penelitian menunjukkan bahwa sebaiknya Anda menghindari toilet yang berada di tengah-tengah, mengapa?

Karena orang-orang pun akan berpikir sama dengan Anda, sehingga mereka akan memilih toilet yang berada di tengah-tengah juga, atau dari segi psikologis hal ini disebut dengan "centrality preferrence"

Sebuah studi pada 1995 yang diterbitkan pada jurnal Psychological Science meneliti kebiasan yang terdapat di toilet pantai pesisir California. Setelah bekerjasama dengan pemelihara toilet setempat, psikolog Nicholas Christenfeld meneliti seberapa sering tissue toilet diganti di masing-masing empat toilet selama 10 minggu.

Hasilnya menunjukkan sebanyak 60 persen gulungan toilet yang sudah dipakai berasal dari toilet yang berada di bagian tengah, sedangkan 40 persen sisanya berasal dari toilet yang berada di kedua sisi kiri dan kanan. Hal tersebut menunjukkan bahwa lebih banyak orang menggunakan toilet yang berada di tengah-tengah dibandingkan yang berada di ujung.

Lebih banyak orang yang menggunakan toilet yang berada di tengah, tidak berarti bahwa toilet yang berada di ujung tidak sebersih bagian tengah. Hal tersebut mungkin karena tidak banyak orang yang menggunakan toilet di bagian ujung saja. (Reader's Digest)

Lihat video:





(DEV)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360