Terkadang bengkak pada jari dapat menunjukkan kondisi kesehatan yang lebih serius. (Foto: Ilustrasi. Dok. David Fanuel/Unsplash.com)
Terkadang bengkak pada jari dapat menunjukkan kondisi kesehatan yang lebih serius. (Foto: Ilustrasi. Dok. David Fanuel/Unsplash.com)

Bukan Kegemukan, Ini Sebab Jari Tangan Membengkak

Rona kesehatan
Torie Natalova • 12 Desember 2018 14:56
Jakarta: Kenaikan berat badan atau kehamilan pada wanita mungkin dapat menyebabkan jari-jari Anda membengkak. Tapi, sebenarnya ada banyak penyebab yang dapat membuat jari-jari membengkak.
 
Meski beberapa penyebab jari-jari membengkak tidak berbahaya atau serius, namun terkadang bengkak pada jari dapat menunjukkan kondisi kesehatan yang lebih serius.
 
1. Udara panas di luar
Panas menyebabkan pembuluh darah mengembang yang memungkinkan lebih banyak panas keluar dari kulit sehingga tubuh tetap nyaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tipe pembengkakan ini cenderung hilang ketika Anda menggunakan tangan dan melanjutkan aktivitas rutin. tapi, jika Anda melihat bengkak hanya di jari tangan disertai dengan rasa sakit bisa jadi itu bukan karena udara panas saja.
 
2. Terlalu banyak garam
Tubuh Anda suka menjaga keseimbangan garam ke air yang konsisten. Artinya, mengonsumsi lebih banyak garam berarti tubuh Anda mengompensasinya dengan memertahankan lebih banyak air yang dapat sebabkan pembengkakan. Umumnya, bengkak akibat terlalu banyak garam hilang setelah satu hari.
 
(Baca juga: Ketahui Penyebab Wajah Terlihat Bengkak)
 
Bukan Kegemukan, Ini Sebab Jari Tangan Membengkak
(Jika sendi tulang jari membesar terutama di pagi hari, ini bisa karena osteoarthritis yang disebabkan karena bertambahnya usia Anda. Rheumatoid arthritis yang menyerang selaput sendi juga bisa sebabkan pembengkakan dan peradangan yang biasanya terjadi pada pergelangan tangan dan sendi jari. Foto: Ilustrasi. Dok. Jeremy Yap/Unsplash.com)
 
3. Osteoarthritis atau rheumatoid arthritis
Jika sendi tulang jari membesar terutama di pagi hari, ini bisa karena osteoarthritis yang disebabkan karena bertambahnya usia Anda. Rheumatoid arthritis yang menyerang selaput sendi juga bisa sebabkan pembengkakan dan peradangan yang biasanya terjadi pada pergelangan tangan dan sendi jari.
 
4. Sindrom carpal tunnel
Pembengkakan akibat penyakit ini biasanya disertai rasa sakit, terbakar, kesemutan atau mati rasa di tangan dan jari-jari.
 
5. Penyumbatan sistem limfatin
Lymphedema adalah penyakit pembengkakan ekstremitas yang terjadi ketika cairan getah bening tidak cukup menguras limbah dalam tubuh sehingga bisa membuat jari tangan dan kaki membengkak.
 
6. Preeklampsia
Preeklampsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi. Ini dapat sebabkan pembengkakan di tangan dan wajah. Jika tidak ditangani, ini dapat merusakkan organ termasuk hati dan ginjal.
 
7. Penyakit Raynaud
Ini adalah penyakit akibat penyempitan arteri yang seringkali disebabkan cuaca dingin atau stres. Penyempitan itu membatasi sirkulasi darah yang dapat memicu pembengkakan disertai rasa sakit. Salah satu tanda penyakit ini adalah jika jari tangan berwarna kebiruan atau pucat sebelum membengkak.
 
8. Masalah ginjal
Jika ginjal Anda mengeluarkan cairan berlebih, tubuh Anda akan memertahankannya sehingga dapat sebabkan tangan bengkak. Hipertensi dan diabetes adalah beberapa kondisi yang dapat sebabkan masalah ginjal.
 

 

(TIN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif